5 Pesan Penting Menkes untuk Masyarakat Saat Indonesia Resmi Masuk ke Status Endemi Covid-19

- 14 Juni 2023, 16:00 WIB
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin /

PRFMNEWS – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan lima pesan khusus untuk diperhatikan masyarakat ketika Indonesia sudah resmi dinyatakan masuk status endemi Covid-19.

Lima pesan penting ini disampaikan Menkes mengingat Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera mengumumkan secara resmi status pandemi Covid-19 di Indonesia sudah berakhir dan beralih ke endemi.

Pertama, Menkes Budi Gunadi menegaskan, meski Indonesia sudah resmi masuk fase endemi setelah diumumkan oleh Presiden Jokowi, bukan berarti virus penyebab Covid-19 hilang dari kehidupan kita.

Baca Juga: Irigasi Rentang di Majalengka, Indramayu dan Majalengka Direhabilitasi untuk Tingkatkan Produktivitas Pangan

Oleh karena virus Covid-19 tidak akan hilang, maka Budi meminta masyarakat agar harus belajar hidup berdampingan dengan virus penyebab penyakit tersebut.

“Sama juga kita belajar hidup dengan penyakit-penyakit menular lain seperti malaria, demam berdarah, tuberkulosis, kan masih ada. Yang penting buat masyarakat adalah masyarakat mesti bisa menangani, menjaga kesehatannya sendiri,” ungkapnya, Selasa 13 Juni 2023.

Kedua, Budi meminta masyarakat harus sudah memahami mengenai gejala-gejala penyakit Covid-19 serta cara menghindarinya.

Baca Juga: Kereta Cepat Jakarta Bandung Akan Berhenti di 4 Stasiun yang Miliki Berbagai Fasilitas Penunjang yang Lengkap

Ketiga, masyarakat harus mengetahui mengenai surveilans atau cara mendeteksi penyakitnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x