Jokowi Sudah Putuskan Indonesia Masuk Status Endemi Covid-19, Kapan Resmi Diumumkan?

- 14 Juni 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi Indonesia menuju Endemi Covid-19 /Pexels
Ilustrasi Indonesia menuju Endemi Covid-19 /Pexels /

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan resmi mengumumkan perubahan status pandemi menjadi endemi Covid-19 di Indonesia dalam waktu dekat.

Rencana pemerintah mengumumkan Indonesia secara resmi sudah masuk ke status endemi Covid-19 ini terungkap usai Presiden Jokowi rapat terbatas membahas persiapan peralihan fase transisi dari pandemi ke endemi di Istana Negara, Jakarta, Selasa 13 Juni 2023.

Presiden Jokowi menyebut pengumuman resmi masa pandemi Covid-19 di Indonesia sudah berakhir dan beralih ke endemi akan disampaikan olehnya pada akhir Juni 2023.

Baca Juga: Agus Hadikarta, Warga Bandung yang Tercatat 134 Kali Donor Darah

“Kemarin rapat dan sudah kita putuskan untuk menuju ke endemi, tetapi kapan diumumkan ini baru dimatangkan seminggu-dua minggu ini,” jelas Presiden, Rabu 14 Juni 2023.

Jokowi menyatakan pula saat ini pemerintah terus mematangkan berbagai kebijakan untuk mendukung Indonesia resmi masuk ke fase endemi Covid-19 yang akan diumumkan pada akhir bulan ini.

“Insyaallah bulan ini (pengumumannya). Ya ini dimatangkan lah, seminggu-dua minggu ini segera diumumkan karena memang semuanya sudah,” ujarnya.

Baca Juga: 3 Puasa Sunah dengan Pahala Luar Biasa Jelang Idul Adha, Lengkap Dengan Niat dan Jadwalnya

Menurut Jokowi, pemerintah juga terus mendetailkan sejumlah hal terkait transisi pandemi ke endemi, antara lain menyangkut kasus harian, kasus aktif, tingkat vaksinasi, dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x