Terima Laporan Menkes, Jokowi Langsung Ambil Keputusan soal Status Pandemi Covid-19 di Indonesia

- 13 Juni 2023, 18:04 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin / (Foto: Humas Setkab/Agung)

PRFMNEWS - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengambil keputusan terkait kebijakan terbaru soal status pandemi Covid-19 di Indonesia.

Menkes Budi Gunadi menyampaikan pula bahwa Presiden Jokowi akan segera mengumumkan keputusan terkait status pandemi Covid-19 yang akan berakhir di Indonesia untuk beralih menjadi endemi.

Keputusan Presiden Jokowi untuk segera mengumumkan Indonesia masuk fase endemi ini diambil setelah Menkes melaporkan kondisi pandemi Covid-19 di tanah air dan secara global di negara-negara lain dalam rapat terbatas di Istana Negara, Selasa 13 Juni 2023.

Baca Juga: Pemkot Lihat Warga Sangat Antusias Datang ke Lokasi CFD Dago yang Baru Pertama Digelar Lagi Pasca Pandemi

"Nanti Presiden umumkan, terserah beliau. Tadi baru update dulu ke Pak Presiden mengenai kondisi pandemi seperti apa sekarang. Negara-negara lain di G20 seperti apa, ASEAN seperti apa, kemudian alternatif kebijakan yang mau diambil," kata Menkes, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Budi menjelaskan, dalam rapat terbatas tersebut dia juga melaporkan terkait pertemuannya dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada bulan lalu untuk berkonsultasi mengenai transisi pandemi di Indonesia.

“WHO mengapresiasi Indonesia yang dapat menangani pandemi Covid-19 dengan baik dan menjadi salah satu dari sedikit negara yang berkonsultasi terkait pengertian pandemi,” bebernya.

Baca Juga: Menkes Pastikan Bantu Perawatan Balita Obesitas, Berat 27 Kg Umur 1 Tahun

Budi menuturkan WHO juga memberikan panduan agar masyarakat dapat memahami protokol kesehatan, sistem surveilans, hingga deteksi dini terhadap virus.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x