WHO Cabut Status Darurat Pandemi Covid-19, Simak Pesan Khusus Kemenkes untuk Masyarakat Indonesia

- 6 Mei 2023, 16:20 WIB
WHO mengumumkan COVID-19 telah berakhir/Twitter/@worldhealthorganization(WHO)
WHO mengumumkan COVID-19 telah berakhir/Twitter/@worldhealthorganization(WHO) /Twitter/@worldhealthorganization(WHO)/

PRFMNEWS – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi mencabut status darurat global pandemi Covid-19 atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) untuk Covid-19 pada Jumat, 5 Mei 2023.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyambut baik keputusan Direktur Jenderal (Dirjen) WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mencabut status darurat global pandemi Covid-19 ini.

Meski status darurat global pandemi Covid-19 sudah berakhir, Kemenkes meminta masyarakat Indonesia tetap waspada dalam menjalani masa transisi ke endemi termasuk guna mendukung persiapan penanganan Covid-19 jangka panjang.

Baca Juga: Respons Abah Jajang Usai Rumput Depan Rumah Rusak akan Kembali Hijau Berkat Ridwan Kamil

“Virus Covid-19 masih ada di sekitar kita, sehingga masyarakat harus tetap waspada,” kata Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril, Sabtu 6 Mei 2023.

Syahril memaparkan, Kemenkes tetap mengedepankan kesiapsiagaan dan kewaspadaan mengingat WHO ketika mencabut status PHEIC juga menegaskan perlunya masa transisi untuk penanganan Covid-19 jangka panjang.

Di antaranya dengan surveilans kesehatan di masyarakat, kesiapsiagaan fasilitas kesehatan dan obat-obatan, serta mempersiapkan kebijakan kesehatan lainnya sebagai upaya ketahanan kesehatan nasional, juga kesiapsiagaan atas kemungkinan adanya pandemi di masa yang akan datang.

Baca Juga: Tiket Festival Musik MyFest.id 2023 di Cimahi Segera Dijual, Hadirkan Yura Yunita hingga Kangen Band

Masyarakat juga diimbau agar tetap memperhatikan dan menjalankan protokol kesehatan (prokes). Upaya vaksinasi juga terus dijalankan terutama untuk meningkatkan perlindungan bagi kelompok masyarakat yang paling berisiko.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x