Begini Saran Epidemiolog Agar Perkantoran Tidak Jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19

- 16 Agustus 2020, 12:39 WIB
Ilustrasi Swab Test.*
Ilustrasi Swab Test.* /Humas Pemkot Bandung/


PRFMNEWS - Penyebaran Covid-19 di Jawa Barat sudah menyebar ke lingkungan perkantoran. Kejadian terbaru ditemukan sebanyak 38 orang yang bekerja di Gedung DPRD Jawa Barat (Jabar) terkonfirmasi positif Covid-19.

Ahli Epidemiologi FKM UI, Pandu Riono mengatakan penyebaran Covid-19 di lingkungan perkantoran bisa dicegah dengan disiplin protokol kesehatan. Artinya setiap kantor wajib menata ulang bagaiaman protokol kesehatan yang sesuai dengan anjuran pemerintah.

"Sirkulasi udara, kesehatan pegawai kemudian satpam termasuk tempat parkir harus diperhatikan dan ditata ulang," katanya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Sabtu 15 Agustus 2020 malam.

Baca Juga: Seorang Warga Jadi Korban Pembacokan di Jalan Sudirman Kota Bandung

Pandu menuturkan, penularan Covid-19 di lingkungan perkantoran sangat besar terjadi seiring dengan hilir mudik karyawan dan tingginya aktivitas pekerjaan.

Oleh karena itu, ia juga menyarankan ketimbang kantor melakukan Work From Home lebih baik melakukan tracing ketat pada karyawan yang diduga kontak dengan orang yang diduga tertular Covid-19.

Baca Juga: Kebun Binatang Bandung Kampanyekan Penyelamatan Empat Satwa Endemik Indonesia yang Terancam Punah

"Harus diidentifikasi semuanya. Kalau mau tracing kita harus punya alasan, artinya orang yang kontak dengan positif Covid-19 ditanya dan ditelusuri. Yang sudah kontak itu dilakukan testing lagi, yang positif diisolasi. Hal itu lebih efektif," tukasnya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah