BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi Hingga 6 Meter di Perairan Ini

- 15 Mei 2023, 15:45 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi.
Ilustrasi gelombang tinggi. /PRFM



PRFMNEWS - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi hingga 6 meter di perairan Indonesia pada 15-16 Mei 2023.

Potensi gelombang sangat tinggi ini disebabkan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat Daya - Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 3 - 25 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur - Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 30 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan selatan Banten - Jawa Barat, Samudra Hindia Selatan Banten - Jawa Barat, Laut Sulawesi dan perairan Kep. Babar - Tanimbar.

Baca Juga: Gempa M5.4 Guncang Selat Sunda! Berikut Informasi BMKG

Kondisi tersebut kata BMKG, menyebabkan gelombang yang sangat tinggi di kisaran 4 - 6 meter berpeluang terjadi di Samudra Hindia Barat Lampung dan Samudra Hindia Selatan Banten.

Selain di wilayah perairan Lampung dan Banten, BMKG juga mengingatkan potensi gelombang tinggi 1,2-2,5 meter di perairan timur P. Simeulue, perairan P. Sawu - Rote, Laut Sawu, Selat Sumba, perairan selatan Flores, Selat Sape bagian selatan, Laut Jawa bagian tengah dan timur, Selat Makasar bagian utara, Laut Sulawesi, perairan utara Papua Barat - Papua, Samudra Pasifik Utara Papua Barat - Papua, Laut Banda bagian barat, perairan selatan P. Buru, perairan selatan Kep. Kai - Kep. Aru, perairan selatan Sermata - Kep. Tanimbar, Laut Arafuru.

Sedangkan, pada gelombang yang lebih tinggi di kisaran 2,50 - 4 meter berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh - Kep. Mentawai, perairan Bengkulu, perairan Enggano - barat Lampung, Samudra Hindia Barat Aceh - Bengkulu, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Jawa - P. Sumba, Samudra Hindia Selatan Jawa Barat - NTT dan Laut Banda bagian timur.

"Potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran. Untuk masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," tulis BMKG dalam keterangannya.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x