Pembaruan MoU, Peserta Magang Indonesia ke Jepang akan Dapat Subsidi hingga Gaji Makin Layak

- 4 Mei 2023, 11:30 WIB
Perjanjian program magang warga Indonesia di Jepang
Perjanjian program magang warga Indonesia di Jepang /Dok Kemnaker RI

PRFMNEWS – Kemnaker RI menyampaikan kabar baik bagi calon peserta magang asal Indonesia ke Jepang salah satunya tentang upaya pemberian subsidi kepada mereka yang memenuhi syarat.

Subsidi bagi peserta magang Indonesia ke Jepang untuk meringankan biaya pra keberangkatan ini akan diberikan oleh International Manpower Development Organization Japan (IM).

Pemberian subsidi biaya pra keberangkatan peserta magang Indonesia ke Jepang merupakan salah satu poin kesepakatan Kemnaker dan IM Japan yang tercantum dalam pembaruan Memorandum of Understanding (MoU).

Baca Juga: Aksi Pencurian Terekam CCTV Masjid di Cigadung Kota Bandung, Pelaku Curi Helm dan Sepatu

MoU terbaru hasil kesepakatan IM Japan dan Kemnaker itu ditandatangani Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di Tokyo, Jepang, Rabu 3 Mei 2023 waktu setempat.

Melalui MoU itu, Menaker Ida Fauziyah menyepakati dengan IM Japan utamanya terkait 3 hal, yaitu memastikan jaminan perlindungan terhadap peserta magang, remunerasi/kompensasi finansial (gaji) yang layak, dan meminimalkan beban finansial yang harus ditanggung calon peserta pada waktu pra pemberangkatan.

Kesepakatan dalam pembaruan MoU itu juga menjadi wujud upaya Kemnaker untuk terus memperkuat program pemagangan ke Jepang sebagai salah satu instrumen penguatan kompetensi SDM Indonesia.

Baca Juga: Borneo FC Rekrut Nadeo Argawinata dari Bali United

“Penandatanganan pembaruan MoU antara Kemnaker RI dengan IM Japan ini untuk mengakomodir perubahan dalam implementasi program pemagangan, sehingga ke depannya diharapkan program ini dapat terus berkesinambungan,” kata Menaker.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x