Pemerintah Akan Segera Tentukan Harga Gabah Agar Harga Beras Tak Tinggi Lagi

- 9 Maret 2023, 14:30 WIB
Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers seusai panen raya padi di Kebumen, Jawa Tengah, Kamis, 9 Maret 2023.
Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers seusai panen raya padi di Kebumen, Jawa Tengah, Kamis, 9 Maret 2023. /Setkab/BPMI

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara panen raya padi di Kebumen, Jawa Tengah (Jateng) pada hari ini Kamis, 9 Maret 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi sempat berbincang dengan para petani mengenai harga gabah yang ternyata masih terlalu rendah.

"Tadi saya menanyakan langsung kepada para petani bahwa GKP (Gabah Kering Panen) jatuh di harga Rp4.200, memang terlalu rendah," kata Jokowi saat memberikan keterangan pers.

Baca Juga: Dewan: Jangan Sampai Terjadi Penularan Difteri di Kota Bandung

Karena itu, pemerintah melalui Badan Pangan Nasional akan segera melakukan perhitungan untuk menentukan harga GKP yang tepat agar tak merugikan petani dan masyarakat.

Nantinya, penetapan harga GKP ini akan menyesuaikan dengan biaya sewa lahan, pupuk, dan lainnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Ungkap 72 Ruas Jalan di Jabar Akan Diperbaiki pada Tahun Ini

"Sehingga kita harapkan harga gabah di petani itu wajar, harga beras di pedagang wajar, harga pembelian beras oleh masyarakat juga pada posisi yang wajar, semua akan mendapatkan manfaat dan keuntungan dari perhitungan itu," ucapnya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x