Daftar 48 Stasiun MRT East-West Rute Lintas Jabar – DKI Jakarta – Banten, Dibangun Mulai 2024

- 17 Februari 2023, 20:30 WIB
Ilustrasi Stasiun MRT East-West Rute Lintas Jabar – DKI Jakarta – Banten.
Ilustrasi Stasiun MRT East-West Rute Lintas Jabar – DKI Jakarta – Banten. /Twitter / MRT Jakarta

PRFMNEWS – Pembangunan MRT Jakarta Tahap 3 Koridor East-West (Timur-Barat) yang menghubungkan Jawa Barat (Jabar) – DKI – Banten direncanakan dibangun mulai 2024.

Proyek MRT Jakarta Tahap 3 East-West ini akan menghubungkan Cikarang, Bekasi – Jakarta – Balaraja, Tangerang yang jalurnya membentang sepanjang sekira 84,1 kilometer.

Ada total 48 stasiun MRT akan dibangun untuk melayani naik dan turun penumpang sepanjang rute Cikarang – Jakarta – Balaraja ini.

"Fase 3 koridor East-West MRT Jakarta direncanakan akan membentang sepanjang sekitar 84,1 kilometer dari Cikarang, Jawa Barat hingga Balaraja, Banten melewati wilayah DKI Jakarta sepanjang sekitar 33,7 kilometer," tulis MRT Jakarta dalam keterangan tertulisnya, Jumat 17 Februari 2023.

Baca Juga: DPRD Kota Bandung Dorong LPM Kelurahan Tingkatkan Kolaborasi

Pembangunan jalur MRT koridor Bekasi – Jakarta – Balaraja ini bakal dibagi menjadi dua fase. Fase 1 pembangunan akan difokuskan untuk jalur di wilayah Jakarta dan fase 2 pembangunan jalur di luar Jakarta.

"Pembangunan tahap 3 ini akan dibagi menjadi dua fase, yakni Fase 1 (3A) Kembangan – Medan Satria (dalam Jakarta) dan Fase 2 (3B) Kembangan – Balaraja dan Medan Satria – Cikarang (di luar Jakarta)," lanjut keterangan MRT Jakarta.

Adapun pembangunan yang ditargetkan dimulai 2024 akan dimulai dari Fase 1 Tahap 1 untuk jalur Tomang – Medan Satria.

Jalur MRT di wilayah Bekasi (Fase 3B Timur) rencananya akan dibangun sepanjang 20,438 kilometer dengan 8 stasiun, dimulai dari Cikarang hingga Medan Satria.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x