Jalur LRT ke Manggarai, Renovasi Stasiun Tanah Abang hingga Jalur MRT Jakarta-Bekasi Segera Terwujud

- 8 Februari 2023, 20:15 WIB
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. /Instagram @budikaryas/


PRFMNEWS - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendukung pengembangan jalur LRT Jakarta rute Velodrome – Manggarai dan jalur MRT Jakarta Fase 3 timur-barat/east-west rute Balaraja – Cikarang, Bekasi.

Selain itu, Menhub Budi juga telah memberi lampu hijau pengerjaan renovasi dan pengembangan Stasiun KRL Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Dukungan Menhub terkait proyek jalur LRT ke Manggarai, jalur MRT Balaraja – Bekasi, dan renovasi Stasiun Tanah Abang diungkap saat bertemu Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat membahas pengembangan angkutan massal perkotaan DKI di Gedung Balai Kota.

Baca Juga: Pastikan Kesiapan LRT Jabodetabek dan Kereta Cepat Jakarta Bandung, Kemenhub Gandeng 2 Perusahaan Asal Inggris

“Saya menyambut baik inisiasi dari Pemprov DKI Jakarta untuk terus menggalakkan angkutan massal perkotaan karena DKI Jakarta menjadi contoh bagi kota lainnya di Indonesia untuk mengembangkan angkutan massal-nya,” ujar Menhub, Selasa 7 Februari 2023.

Terkait rencana pengembangan LRT Jakarta (Velodrome - Manggarai), Budi mendukung inisiatif dari Pemprov DKI untuk menyambung jalur LRT dari Pegangsaan Kelapa Gading, Velodrome sampai ke Stasiun Manggarai.

Sehingga, ujar Budi, moda transportasi LRT Jakarta ini akan terintegrasi dengan angkutan massal lainnya seperti KRL Jabodetabek maupun kereta api jarak jauh di Stasiun Manggarai.

Baca Juga: LRT Jabodebek Segera Beroperasi, KAI Rekrut dan Latih SDM Pilihan untuk Dukung Layanan bBagi Penumpang

Mengingat, tambahnya, Stasiun Manggarai tengah dipersiapkan untuk menjadi stasiun sentral yang menjadi pusat pertemuan KRL dari berbagai rute seperti, Bogor, Bekasi, Depok, dan Tangerang.

”Ini tambah lagi satu titik yaitu dari Kelapa Gading ke Manggarai. Saya pikir ini suatu langkah yang strategis. Pemprov DKI sudah mengalokasikan dana dan ditargetkan selesai pada September 2024,” tutur Menhub.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x