MRT Jakarta Siap Bangun Rute Jalur di Jabar dan Banten Dilengkapi 49 Stasiun

- 6 Juli 2022, 17:30 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menawarkan kerjasama pembangunan MRT fase 3 dengan perusahaan Inggris Crossrail International
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menawarkan kerjasama pembangunan MRT fase 3 dengan perusahaan Inggris Crossrail International /maghfur/antara

PRFMNEWS - PT MRT Jakarta (Perseroda) akan membangun proyek MRT Fase 3 di jalur timur-barat yang menghubungkan wilayah Provinsi Banten hingga Jawa Barat (Jabar).

Pembangunan rute jalur MRT penghubung Banten – DKI Jakarta – Jabar ini dikerjakan secara konsorsium dengan empat mitra swasta yang siap mendanai proyek Fase 3 itu sebesar Rp160 triliun.

Empat mitra swasta penyandang dana proyek MRT Fase 3 rute Banten – Jabar tersebut, yakni JICA, Asian Development Bank (ADB), European Investment Bank (EIB), dan UK Export Finance (UKEF).

Rute jalur pembangunan proyek MRT Fase 3 ini akan menghubungkan Balaraja, Tangerang, Banten kemudian menyambung rute Fase 1 dan 2 di DKI Jakarta, hingga ke kawasan Jababeka, Cikarang, Bekasi, Jabar.

Baca Juga: Terapi ini Ampuh Turunkan Darah Tinggi, Juga Bisa Atasi Kegalauan, dr.Zaidul Akbar: Sangat Mudah

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar menyebutkan, jalur proyek MRT Fase 3 itu akan miliki total panjang 87 kilometer.

Menurut William, di sepanjang jalur Balaraja – Cikarang itu nantinya akan dibangun 49 stasiun MRT yang berpotensi menjadi kawasan berorientasi transit, serta tiga titik depo kereta.

“Dengan rute lintas provinsi tersebut diharapkan akan dapat mengangkut pengguna jasa hingga 1,2 juta orang per hari,” ujar William dalam keterangan tertulisnya.

William menyebut, biaya investasi pembangunan MRT Fase 3 Rp160 triliun ini adalah sepuluh kali lipat dari kebutuhan dana sewaktu membangun Fase 1 rute Bundaran HI-Lebak Bulus, Jakarta sebesar Rp16 triliun.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x