Presiden Jokowi Ingatkan Pangdam dan Kapolda Waspadai Kebakaran Hutan dan Lahan

- 9 Februari 2023, 16:50 WIB
Presiden Jokowi didampingi Kapolri dan Panglima TNI saat menghadiri rapat pimpinan TNI dan Polri.
Presiden Jokowi didampingi Kapolri dan Panglima TNI saat menghadiri rapat pimpinan TNI dan Polri. /Instagram @jokowi

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kembali kepada jajaran panglima komando daerah (Pangdam) dan Kapolda untuk mencegah serta mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat menghadiri Rapim TNI dan Polri Tahun 2023 di The Sultan Hotel, Jakarta, pada Rabu 8 Februari 2023.

Presiden Jokowi juga menyampaikan hal itu, sebagai peringatan mengenai tanggung jawab penanganan karhutla tujuh tahun yang lalu.

Baca Juga: Kapolres Cimahi Bersinergi dengan Ulama untuk Ciptakan Kondusifitas di Cimahi dan Bandung Barat

"Janjiannya tetap, tadi saya ulang lagi mengenai janjian saya tujuh tahun yang lalu masih berlaku sampai sekarang, kalau ada kebakaran besar di provinsi yang tanggung jawab Pangdam, Kapolda, Danrem,” kata Presiden Jokowi dikutip pada Kamis, 9 Februari 2023.

Sebelumnya, di tahun 2015 Presiden Jokowi sempat memperingatkan jajaran TNI-Polri di daerah untuk mengatasi karhutla di wilayahnya.

Karhutla sendiri bisa disebabkan karena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah.

Baca Juga: Resep Ayam Bakar Madu yang Legit dan Lezatnya Bikin Kalap

Selain itu, Presiden Jokowi pun sejumlah provinsi yang berpotensi karhutla untuk mewaspadai fenomena El Nino yang diperkirakan akan terjadi sekitar akhir Februari hingga Maret 2023.

"Karhutla kan ini El Nino, hati-hati tadi saya sudah memberikan warning untuk provinsi-provinsi Riau, Sumut, Kalimantan hati-hati karena nanti akhir Februari itu sudah panasnya sudah naik,” pungkasnya.***

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x