Jangan Disepelekan, Ini Alasan Penting Kenapa Antibiotik Harus Dihabiskan

- 21 Januari 2023, 16:40 WIB
Kenapa Harus Minum Obat Antibiotik Sampai Habis, Begini Penjelasannya
Kenapa Harus Minum Obat Antibiotik Sampai Habis, Begini Penjelasannya /Pixabay

PRFMNEWS – Berikut alasan kenapa antibiotik harus dihabiskan, sebaiknya jangan Anda sepelekan.

Anda tentu tidak asing dengan antibiotik yang sering diresepkan oleh dokter ketika sedang sakit.

Terkadang kita sering diingatkan untuk menghabiskan antibiotik yang telah diresepkan oleh dokter. Ternyata ada alasan penting kenapa antibiotik harus dihabiskan.

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Ini Bahaya Minum Antibiotik Tanpa Resep Dokter

Dilansir dari akun Instagram @bpom_ri, antibiotik adalah obat yang digunakan untuk melawan bakteri yang menyebabkan sakit dengan cara kerja membunuh atau menghentikan pertumbuhan bakteri di tubuh.

“Antibiotik harus dihabiskan atau diminum sampai tuntas untuk membasmi bakteri penyebab penyakit hingga tuntas dan mencegah terjadinya resistensi antibiotik yang berbahaya,” tulis dalam unggahan komik edukasi dari Instagram @bpom_ri seperti dikutip prfmnews.id.

Lalu apa yang dimaksud dengan resistensi? Yaitu kondisi ketika bakteri sudah kebal terhadap antibiotik sehingga antibiotik tidak dapat melawan bakteri penyebab infeksi.

Baca Juga: Polri Akan Awasi Ketat Aktivitas Penjualan Online Obat Antibiotik Pandemi Covid-19

“Resistensi antibiotik itu bisa berbahaya, lho! Seperti menyebabkan bakteri tetap berkembang biak sehingga penderita dapat mengalami komplikasi yang berat, bahkan kematian. Selain itu juga dapat meningkatkan biaya kesehatan karena penyakit lebih sulit diobati dan membutuhkan waktu perawatan yang lebih lama,” tulis dalam unggahan tersebut.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x