Dipicu 4 Faktor, ini Daftar Wilayah Berpotensi Cuaca Ekstrem Masa Nataru Hingga Awal Januari 2023

- 23 Desember 2022, 12:36 WIB
Ilustrasi hujan deras.
Ilustrasi hujan deras. /Twitter @SeismiCell

PRFMNEWS - BMKG memprakirakan hampir seluruh wilayah Indonesia berpotensi terjadi cuaca ekstrem seperti hujan lebat hingga sangat lebat selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023.

BMKG juga telah merilis daftar wilayah yang berpotensi diguyur hujan lebat hingga sangat lebat selama periode Natal dan Tahun Baru 2022/2023, mulai dari Sumatera, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua.

BMKG memprakirakan wilayah-wilayah di Indonesia ini akan dilanda cuaca ekstrem tersebut pada tanggal 24 Desember 2022 sampai dengan 1 Januari 2023 yang bertepatan dengan periode Nataru.

Baca Juga: BMKG: Waspada Hujan Lebat-Gelombang Tinggi Masa Natal dan Tahun Baru di Sejumlah Wilayah, Termasuk Jabar

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, peningkatan curah hujan selama periode Natal dan Tahun Baru 2022/2023 diakibatkan empat faktor terkait dinamika atmosfer.

Faktor pertama, tuturnya, ada peningkatan aktifitas Monsun Asia yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia bagian barat, tengah, dan selatan.

Kedua, meningkatnya intensitas seruakan dingin Asia yang dapat meningkatkan kecepatan angin permukaan di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan, serta meningkatkan potensi awan hujan di sekitar Kalimantan, Sumatera, Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara.

Ketiga, adanya indikasi pembentukan pusat tekanan rendah di sekitar wilayah perairan selatan Indonesia yang dapat memicu peningkatan pertumbuhan awan konvektif yang cukup masif.

Baca Juga: Simak Informasi Penerimaan Calon PPPK Tenaga Teknis di Kementerian Ketenagakerjaan Tahun 2022

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah