BMKG: Waspada Hujan Lebat-Gelombang Tinggi Masa Natal dan Tahun Baru di Sejumlah Wilayah, Termasuk Jabar

- 21 Desember 2022, 13:56 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem
Ilustrasi cuaca ekstrem /PRFM


PRFMNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan akan potensi cuaca ekstrem pada seminggu ke depan, mulai Rabu 21 Desember 2022.

BMKG menyatakan sepekan ke depan yang sudah memasuki periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023, sejumlah wilayah Indonesia berpotensi hujan lebat hingga gelombang tinggi di kawasan perairan.

Potensi siaga cuaca ekstrem hujan lebat dan gelombang tinggi mulai 21 sampai 27 Desember 2022 yang bertepatan dengan memasuki masa Natal dan Tahun Baru ini diungkap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Baca Juga: Pengamanan Masa Nataru, Pemkot Bandung Siapkan Petugas di Terminal, Gereja hingga Tempat Wisata

Kepala BMKG menjelaskan, pada periode sepekan ke depan saat masa Nataru 2022/2023, terdapat potensi signifikan dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah Indonesia.

Dwikorita menyebut, berdasarkan platform informasi Prakiraan Berbasis Dampak BMKG, pada 21 – 23 Desember 2022, beberapa wilayah perlu mewaspadai terjadinya cuaca ekstrem, yakni sebagian wilayah Aceh, sebagian wilayah Sumatera Utara, sebagian wilayah Riau, sebagian wilayah Jawa Barat.

Kemudian juga sebagian wilayah Jawa Tengah, sebagian wilayah Jawa Timur, sebagian wilayah Nusa Tenggara Timur, sebagian wilayah Kalimantan Barat, sebagian wilayah Kalimantan Timur, sebagian wilayah Kalimantan Utara, sebagian wilayah Maluku, dan sebagian wilayah Papua.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Jabar-DKI Kolaborasi Atasi Banjir di Perbatasan

“Khusus untuk tanggal 24 Desember 2022, potensi siaga dari prakiraan berbasis dampak perlu diwaspadai di sebagian wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan,” ujarnya, Selasa 20 Desember 2022.

Dwikorita juga menyampaikan, potensi hujan dengan intensitas signifikan selama periode 25 Desember 2022 – 1 Januari 2023 perlu diwaspadai di beberapa wilayah.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x