Kemenkop: Penyaluran KUR Capai Rp345 Triliun pada Tahun Ini

- 21 Desember 2022, 10:22 WIB
Ilustrasi uang Kredit Usaha Rakyat (KUR)
Ilustrasi uang Kredit Usaha Rakyat (KUR) /Pexels/Ahsanjaya


PRFMNEWS - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mencatat realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sampai dengan 14 Desember 2022 telah mencapai Rp345,55 triliun kepada 7.209.944 pelaku usaha.

Penyaluran KUR Rp345,55 triliun tersebut setara dengan realisasi 92,60 persen pada tahun ini. Sedangkan targetnya adalah Rp373,17 triliun.

"Saat ini realisasi penyaluran KUR sampai 14 Desember 2022 telah mencapai Rp345,55 triliun atau sebesar prosentase 92,60 persen," kata Asisten Deputi Pembiayaan Usaha Mikro Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM, Irene Swa Suryani dalam keterangannya.

Baca Juga: Menhub Ungkap Libur Nataru Kali Ini Tidak Ada Pergerakan Mobilitas

Irene menegaskan KemenKopUKM menginisiasi dan mendorong penyaluran KUR melalui skema KUR khusus yang ditujukan kepada kelompok usaha masyarakat atau klaster yang diperuntukkan bagi koperasi dan kelompok UMKM.

Hal ini Dalam upaya percepatan penyaluran KUR dan pemulihan ekonomi nasional khususnya bagi pelaku UMKM.

"Dalam hal ini melibatkan agregator/offtaker dan avalist di berbagai sektor antara lain pertanian, peternakan, perikanan, furnitur, suvenir, kerajinan tangan, fesyen, dan pariwisata dengan target penerima KUR berbasis klaster prioritas yang telah ditetapkan oleh Pemerintah," jelasnya.

Baca Juga: Kenaikan Tarif Masuk TN Komodo Batal, Sandi Uno Maksimalkan Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo

Baca Juga: Update Syarat Terbaru Naik Kereta Api Bagi Penumpang Usia 6-12 Tahun yang Belum Divaksinasi Covid-19

Irene berharap, seluruh pihak yang terlibat dalam penyaluran KUR dapat berperan aktif dan bersinergi untuk percepatan program KUR tersebut.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x