Kemenkop RI Harap Mahasiswa Mampu Bangkitkan Ekonomi Bangsa dengan Menjadi Wirausahawan Muda

- 25 November 2021, 10:44 WIB
Kegiatan kuliah umum daring yang mengangkat tema 'Membangun Jiwa Wirausaha Mahasiswa untuk Bangkitnya Ekonomi Bangsa'
Kegiatan kuliah umum daring yang mengangkat tema 'Membangun Jiwa Wirausaha Mahasiswa untuk Bangkitnya Ekonomi Bangsa' /Tangkapan layar Youtube Universitas Muhammadiyah Tasikmalay


PRFMNEWS - Radio PRFM 107,5 PRFM News Channel bersama Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya menyelenggarakan kuliah umum secara daring yang didukung oleh BCA, pada Kamis 25 November 2021.

Kuliah umum daring ini dihadiri oleh para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya. Adapun tema yang dibahas kali ini adalah 'Membangun Jiwa Wirausaha Mahasiswa untuk Bangkitnya Ekonomi Bangsa'.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki yang diwakili Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop RI, Siti Azizah menjadi salah satu pembicara dalam kuliah umum ini.

Baca Juga: Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Ajak UMKM Urus SNI: UMKM Harus Terus Bergerak Agar Pemerataan Ekonomi Tercapai

Dalam pemaparannya, Siti berharap para pemuda, tak terkecuali mahasiswa, bisa menjadi pencipta lapangan kerja, dalam artian menjadi wirausahawan.

Hal tersebut sejalan dengan target Kemenkop UKM yang ingin menaikkan rasio kewirausahaan menjadi 3,59 persen pada tahun 2024, saat ini masih di angka 3,47 persen.

Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop RI, Siti Azizah
Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop RI, Siti Azizah /Tangkapan layar Youtube Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

"Dengan 3,47 persen maka struktur ekonomi lebih kuat, tapi masih rendah dibanding negara lain di sekitar kita, misalnya Singapura 8,67 persen wirausaha, Malaysia dan Thailand di atas 4,5 persen," ungkap Siti.

Menurutnya, UMKM punya peran penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Pasalnya, dari 64,2 juta pelaku UMKM telah berkontribusi Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61 persen.

Baca Juga: Ridwan Kamil Berhasil Lelang Produk UMKM Bali Seharga Rp100 Juta, Awalnya Hanya Rp5 Juta

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x