Fenomena Solstis akan Terjadi pada 22 Desember 2022, Simak Penyebab Hingga Dampaknya

- 19 Desember 2022, 18:44 WIB
Ilustrasi matahari.
Ilustrasi matahari. /Pixabay/qimono/


PRFMNEWS – Pusat Riset Antariksa BRIN atau Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengungkapkan Fenomena Solstis akan terjadi pada 22 Desember 2022 mendatang.

Fenomena Solstis merupakan peristiwa ketika matahari berada paling utara maupun selatan ketika mengalami gerak semu tahunannya.

Fenomena ini bisa terjadi dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Juni dan Desember. Pada 22 Desember 2022 Fenomena Solstis akan terjadi pada pukul 04.49 WIB / 05.49 WITA / 06.49 WIT.

Baca Juga: Catat Tanggalnya ! Berikut 3 Fenomena Gerhana yang Bisa Disaksikan di Indonesia Pada Tahun 2023

Tersebar informasi yang keliru di sosial media tentang fenomena Solstis yang bisa mengakibatkan letusan gunung berapi, gempa, banjir hingga tsunami. Fenomena Solstis sebetulnya fenomena astronomi biasa dan tak berkaitan dengan sejumlah bencana tersebut.

“Solstis merupakan fenomena murni astronomi yang juga dapat mempengaruhi iklim dan musim di bumi. Fenomena – fenomena tersebut disebabkan oleh aktivitas vulkanologis, seismik, oseanik dan hidrometeorologi,” jelas BRIN.

Solstis terjadi dikarenakan kondisi bumi yang berotasi secara miring terhadap ekliptika sekaligus mengorbit matahari. Sehingga ujung sumbu rotasi bumi selalu menghadap ke arah yang sama yakni polaris atau bintang kutub.

Baca Juga: Begini Penjelasan Menparekraf Soal Pola Perjalanan Wisata Heritage Borobudur

Lantas apa saja dampak dari Fenomena Solastis tersebut?

Dampak dari Fenomena Solstis di bulan Desember diantaranya:

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x