Benarkah 2 Jenis Hujan Meteor di Langit Bandung Akhir Juli 2022 Berbahaya? Begini Kata BRIN

- 19 Juli 2022, 19:45 WIB
Ilustrasi hujan meteor.
Ilustrasi hujan meteor. /Foto/Ilustrasi/Thrilist

PRFMNEWS - Hujan meteor akan terjadi dan bisa dilihat di langit Bandung mulai 29 Juli 2022. Ada dua jenis hujan meteor, yaitu Alpha-Capricornids dan Delta-Aquariids.

Hujan meteor adalah fenomena astronomi tahunan yang terjadi ketika sejumlah meteor meluncur silih berganti dari titik tertentu di langit, sehingga mirip bintang jatuh atau bintang berpindah.

Lantas, apa benar hujan meteor di langit Bandung yang akan terjadi mulai 29 Juli 2022 berbahaya dan picu dampak tertentu pada cuaca?

Baca Juga: Catat Cara, Tanggal, Jam dan Lokasi Terbaik Lihat 2 Jenis Hujan Meteor di Langit Bandung Akhir Juli 2022

Peneliti Utama bidang Astronomi dan Astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin menjelaskan, meteor sesungguhnya adalah batuan atau debu antar-planet yang memasuki atmosfer lalu terbakar karena gesekan atmosfer.

Thomas menyebut hujan meteor Alpha-Capricornids akan muncul pada 30 – 31 Juli 2022, mulai pukul 20.00 WIB di ufuk timur dan makin jelas setelah lewat tengah malam di arah langit selatan.

Hujan meteor jenis ini berasal dari gugusan debu komet 169P/NEAT yang berpapasan dengan bumi.

Baca Juga: Hujan Meteor di Langit Kota Bandung 29 Juli 2022, Sebabkan Dampak pada Cuaca? Ini Kata BRIN

Kemudian, hujan meteor kedua disebut Delta Aquariids dapat diamati pada 29 – 30 Juli 2022 mulai pukul 23.00 WIB di ufuk timur. Puncaknya sekira pukul 02.00 WIB di langit selatan.

Menurut Thomas, hujan meteor jenis ini diduga berasal dari debu-debu komet 96P/Machholz.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x