Hujan Meteor di Langit Kota Bandung Juli 2022 Bisa Dilihat Jelas Tanpa Alat Bantu, ini Tanggal dan Jamnya

- 9 Juli 2022, 06:40 WIB
Ilustrasi hujan meteor
Ilustrasi hujan meteor //Pixabay/Ivilin


PRFMNEWS – Hujan meteor akan terjadi di langit Kota Bandung pada bulan Juli 2022. Fenomena astronomi lain yang bakal terjadi di bulan ini adalah supermoon.

Fenomena hujan meteor di Kota Bandung pada Juli 2022 terdiri dari dua jenis, yaitu Alpha-Capricornids dan Delta-Aquariids.

Cara melihat hujan meteor Alpha-Capricornids dan Delta-Aquariids di Kota Bandung pada Juli 2022 ini bisa dilakukan dengan mata telanjang tanpa alat bantu asalkan lokasi pengamatan memenuhi syarat.

Baca Juga: BMKG Ungkap Dampak Fenomena Musim Kemarau Basah di Bandung

Lantas, kapan tanggal dan jam hujan meteor di Kota Bandung juga supermoon ini terjadi dan bisa diamati jelas dengan mata telanjang?

Menikmati momen bersama keluarga dan orang yang kita sayangi bisa dengan berbagai cara. Salah satunya melihat fenomena astronomi di beberapa tanggal pada Juli ini.

Peneliti Astronomi Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof. Thomas Djamaluddyn memaparkan, fenomena astronomi pertama di Kota Bandung yang akan muncul di bulan Juli 2022 adalah supermoon.

Baca Juga: Fenomena Embun Es di Dieng Saat Musim Kemarau Disebut Warga Sebagai Embun Racun, Ini Alasannya

Thomas menyebut, fenomena supermoon di mana bulan purnama berjarak lebih dekat ke bumi akan terjadi pada pada 14 Juli 2022.

"Biasa rata-rata jarak bumi ke bulan itu 380.000 km. Namun, pada saat supermoon jaraknya lebih dekat dari itu. Sehingga purnama akan lebih besar dan terang dibandingkan biasanya," ujar Thomas dalam keterangan tertulisnya pada Jumat, 8 Juni 2022.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x