Bukan Medan atau Bali! Ternyata ini Tujuan Utama Wisatawan saat Liburan Nataru

- 14 Desember 2022, 09:20 WIB
Penumpang Kereta saat melakukan check in. Berikut daerah tujuan utama wisatawan pada masa libur Nataru 2023.
Penumpang Kereta saat melakukan check in. Berikut daerah tujuan utama wisatawan pada masa libur Nataru 2023. /PT KAI/

PRFMNEWS - Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kemenhub, potensi pergerakan pada libur natal dan tahun baru (Nataru) tahun ini yaitu 16,35 persen dari jumlah penduduk Indonesia, atau sekitar 44,17 juta orang.

Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang diprediksi sebanyak 19,9 juta orang. Sementara, yang tidak bepergian diprediksi sekitar 83,65 persen.

Diprediksi puncak arus mudik pada masa libur Natal akan terjadi pada 23-24 Desember 2022. Sementara, puncak arus balik Natal diprediksi terjadi pada 25-26 Desember 2022.

Sedangkan, untuk puncak arus mudik masa libur Tahun Baru diprediksi terjadi pada 30-31 Desember 2022 dan puncak arus balik tahun baru diprediksi terjadi pada 1-2 Januari 2023.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang hingga 9 Januari 2023, Antisipasi Lonjakan Kasus COVID-19 saat Libur Nataru

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tidak ada pembatasan mobilitas pada penyelenggaraan nataru tahun ini. Hal ini berbeda dengan dua tahun lalu saat pandemi Covid-19.

Namun demikian, mobilitas warga pada libur natal dan tahun baru akan sangat tinggi. Pasalnya, libur natal dan tahun baru bertepatan dengan libur sekolah.

"Tentu ini akan memberikan lonjakan penumpang yang cukup banyak," ujar Budi saat Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI di Jakarta.

Baca Juga: Masuki Masa Libur Nataru, Pemerintah Perpanjang PPKM

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x