Waspada! Penipuan Galang Donasi Catut Nama Kepala Dinsos Jabar, Begini Cara Lapor dan Cek Kebenaran Info

- 13 Desember 2022, 21:00 WIB
ILUSTRASI penipuan dengan mencatut nama Kadinsos Jabar Dodo Suhendar.
ILUSTRASI penipuan dengan mencatut nama Kadinsos Jabar Dodo Suhendar. /PRFMNEWS



PRFMNEWS – Masyarakat diimbau untuk mewaspadai upaya penipuan melalui media sosial (medsos) maupun chat WhatsApp (WA) yang mengatasnamakan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Barat (Jabar) untuk penggalangan donasi.

Imbauan agar masyarakat lebih berhati-hati akan upaya penipuan penggalangan donasi melalui medsos maupun pesan WA ini disampaikan langsung Kepala Dinas Sosial Jabar Dodo Suhendar.

Kepala Dinsos Jabar mengeluarkan imbauan tersebut menyusul adanya laporan masyarakat yang disampaikan melalui Dinsos Kabupaten/Kota di Jabar dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS).

Baca Juga: Masih Dibuka! Rekrutmen Petugas Haji Bidang Kesehatan dan TKH 2023, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Dodo Suhendar menyebutkan, modus penipuan yang beredar menyebarkan informasi yang tidak tepat dalam penggalangan donasi ke LKS atau Yayasan.

Untuk menyebarluaskan imbauan upaya penipuan itu, Dinsos Jabar mengeluarkan Surat Edaran Kepala Dinas Sosial Jawa Barat Nomor 6870/HM.01/SEKRE yang disebarkan kepada seluruh Kepala Dinsos Kabupaten dan Kota serta kepada Forum LKS se-Jabar pada Selasa, 13 Desember 2022.

"Terkait penipuan dan permintaan donasi yang mengatasnamakan Kepala Dinsos Provinsi Jabar melalui media sosial dan WhatsApp (WA), dimohon perhatiannya kepada masyarakat, khususnya Dinsos Kabupaten dan Kota dan LKS se-Jabar untuk berhati-hati dan tidak memberikan donasi dalam bentuk apapun yang mengatasnamakan Kepala Dinsos Jabar," demikian disampaikan Dodo Suhendar dalam surat edaran.

Baca Juga: Jumlah Sampah di Kopo Citarip Kerap Menjadi Lebih Banyak dari Biasanya Setelah Banjir

Dodo menambahkan, untuk mengecek kebenaran informasi yang mengatasnamakan Dinsos Jabar, masyarakat dapat mengonfirmasi dengan mengirimkan pesan ke nomor WA Humas Dinsos Jabar 0851-5788-4874.

Untuk mengantisipasi terjadinya penipuan, masyarakat juga dapat segera melaporkan ke Dinsos Jabar jika menemukan informasi yang tidak benar melalui laman: https://www.lapor.go.id/.

"Saya sampaikan terima kasih kepada masyarakat yang melaporkan jika ada penipuan permintaan sumbangan mengatasnamakan Kadinsos Jabar melalui WA Humas Dinsos Jabar," tutup Dodo.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x