Jadwal Seleksi CASN 2024 Tak Mungkin Diundur Karena Pilkada Serentak 2024

- 4 Mei 2024, 11:00 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas saat konferensi pers di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Rabu, 17 April 2024.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas saat konferensi pers di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Rabu, 17 April 2024. /Kemenpan RB/

PRFMNEWS - Muncul usulan agar proses seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) 2024 diundur pelaksanaannya menjadi setelah Pilkada Serentak 2024.

Namun begitu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menegaskan bahwa seleksi CASN atau CPNS 2024 tidak mungkin ditunda.

Azwar Anas beralasan karena seleksi CASN sudah terjadwal sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN.

Berdasarkan undang-undang tersebut, menurutnya seluruh proses seleksi CASN tahun 2024 harus selesai selambat-lambatnya pada Desember 2024. Menurutnya keputusan itu pun sudah disepakati bersama dengan Komisi II DPR RI.

Baca Juga: Seleksi CASN 2024, 8 Instansi Pemerintah Buka Pendaftaran Formasi Sekolah Kedinasan, Ini Jadwalnya

"Dari sisi regulasi tidak mungkin ini ditunda," kata Anas saat konferensi pers terkait Progres Pengadaan ASN 2024 di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Jakarta, Jumat, 3 Mei 2024 dikutip dari ANTARA.

Terkait usulan seleksi CASN 2024 diundur setelah Pilkada Serentak 2024, menurut Anas, proses politik yang terjadi tersebut tidak akan berpengaruh pada seleksi CASN.

Selain itu, menurutnya proses seleksi CASN tersebut sangat menjunjung tinggi nilai transparansi dan akuntabilitas. Karena menurutnya proses seleksinya dilakukan secara ketat karena setiap peserta yang ikut seleksi tersebut akan menempuh dua alat pemindai wajah.

Kemudian, kata dia, nilai dari peserta yang melakukan tes dalam seleksi tersebut akan langsung terpampang di sistem yang bisa dilihat oleh semua orang. Sehingga dia pun menjamin tidak ada seorang pun yang bisa menitipkan peserta untuk diloloskan seleksi CASN.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah