Update Terbaru Gunung Semeru Meletus, Status Naik ke Level 4

- 4 Desember 2022, 13:21 WIB
Gunung Semeru erupsi hari ini, Minggu, 4 Desember 2022.
Gunung Semeru erupsi hari ini, Minggu, 4 Desember 2022. /Twitter/BNPB/

PRFMNEWS - Gunung Semeru mengalami erupsi yang disertai awan panas pada Minggu 4 Desember 2022 pukul 02.46 WIB dengan tinggi kolom abu mencapai 1.500 meter di atas puncak.

Diketahui, terkait aktivitas kegempaan Gunung Semeru hingga pukul 06.00 WIB terekam 8 kali gempa letusan dan satu gempa awan panas guguran.

Setelah memperhatikan aktivitas Gunung Semeru ini, PVMBG Badan Geologi resmi menaikkan status dari Siaga (Level 3) menjadi Awas (Level 4) yang terhitung mulai pukul 12.00 WIB hari ini.

Baca Juga: 4 Kawanan Monyet Kembali Terlihat di Tengah Permukiman Kota Bandung Hari Ini

"Disampaikan status G. Semeru dinaikan dari Siaga (level III) menjadi Awas (level IV) terhitung hari Minggu 4 Desember 2022 Pkl 12.00 WIB," kata Kepala PVMBG Badan Geologi, Hendra Gunawan.

Badan Geologi juga merekomendasikan agar tidak ada aktivitas dalam radis 8 KM dari puncak. Kemudian sektoral arah tenggara yaitu wilayah Besuk Kobokan dan Kali Lanang sejauh 19 KM dari puncak.

"Tidak ada aktivitas dalam radius 8 km dari puncak, dan sektoral arah Tenggara (Besuk Kobokan dan Kali Lanang) sejauh 19 km dari puncak. Surat resmi peningkatan status segera disampaikan," tuturnya.

Baca Juga: Gempa Garut, BNPB Sebut 1 Warga Luka Ringan dan 4 Rumah Rusak

Gunung yang terletak di antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur ini sebelumnya ditetapkan status Siaga (Level 3) sejak 16 Desember 2021.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x