Kartu E-Toll Tidak Akan Berlaku Lagi, Bayar bisa Tol Tanpa Sentuh Mulai Akhir Tahun ini

- 2 Desember 2022, 11:30 WIB
Ilustrasi e-toll
Ilustrasi e-toll /prfmnews/

PRFMNEWS - Sebagian dari kita mungkin sudah tak asing dengan penggunaan jalan tol, khususnya bagi kamu pengguna kendaraan roda empat atau lebih.

Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan yang biasanya dilewati oleh kendaraan bermotor roda empat atau lebih. Bagi yang menggunakan jalan ini, wajib membayar sesuai tarif yang berlaku.

Saat ini sistem pembayaran tol di Indonesia masih menggunakan kartu dengan cara menempelkannya ke mesin. Namun, adanya kecanggihan teknologi yang terus berkembang melahirkan sistem baru untuk memudahkan pembayaran tol.

Nantinya, kartu untuk membayar akan tidak akan terpakai lagi karena pembayaran tol tanpa sentuh atau nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) akan mulai diterapkan akhir tahun ini.

Baca Juga: Pemkab Karawang Telusuri Ratu Adil dan Imam Mahdi dari Karawang yang Viral di Medsos

Melansir dari ntmcpolri info, pemberlakukan bayar tol tanpa disentuh ini disampaikan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Pada Rakernis Fungsi Gakkum Korlantas Polri, perwakilan dari Badan Pengelolaan Jalan Tol (BPJT) Kemen PUPR turut memberikan materi dengan memperkenalkan terobosan baru di bidang pelayanan dalam mewujudkan Keselamatan berlalu lintas di jalan tol.

Mahbullah Nurdin Anggota BPJT Kemen PUPR menyampaikan bahwa kecelakaan yang terjadi jalan tol itu banyak faktor yang bisa dilihat. Sebelum jalan tol digunakan itu sudah dilakukan uji laik fungsi, uji laik operasional melibatkan semua pihak, seperti Kementerian Perhubungan dalam hal ini Dirjen Perhubungan Darat bagaimana keselamatan dari rambu dan marka jalan.

Baca Juga: Ada 11 Korban Gempa Cianjur yang Masih Dinyatakan Hilang dan Dalam Pencarian Tim SAR

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: NTMC Polri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x