Selain Sholat Khusuf, Kemenag Ajak Umat Islam Lakukan Amalan Lain Saat Gerhana Bulan Total 8 November 2022

- 6 November 2022, 22:00 WIB
ilustrasi sholat khusuf atau sholat gerhana bulan Selasa 8 November 2022
ilustrasi sholat khusuf atau sholat gerhana bulan Selasa 8 November 2022 /

PRFMNEWS - Kementerian Agama (Kemenag) mengajak umat Islam Indonesia melakukan amalan-amalan sunnah saat terjadi Gerhana Bulan Total pada Selasa, 8 November 2022.

Salah satu amalan sunnah yang bisa dilakukan umat Islam saat terjadi Gerhana Bulan Total (khusuful qamar) 8 November 2022 dan diimbau Kemenag adalah sholat khusuf atau sholat gerhana.

Tak hanya sholat khusuf, Kemenag juga mengajak umat Islam Indonesia untuk melaksanakan amalan-amalan sunnah lainnya yang sangat baik dilakukan saat terjadinya Gerhana Bulan Total 8 November 2022.

Baca Juga: Pencuri Motor Beraksi di Asrama Polisi Sarijadi, Honda Beat Raib

Ajakan melaksanakan sholat gerhana dan amalan-amalan sunnah lain pada saat terjadi Gerhana Bulan Total (GBT) ini disampaikan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin.

Sebelumnya Kamaruddin memaparkan, berdasarkan data astronomis, Gerhana Bulan Total (Super Blood Moon) 8 November 2022 akan terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

Menurutnya, Gerhana Bulan Total 8 November 2022 di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu dapat dilihat pada kontak Umbra 3 (U3) pukul 18:42 WIB.

Sementara masyarakat di Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat, dapat melihat GBT pada waktu puncak gerhana, yakni 17:59 WIB.

Baca Juga: Marck Klok Tak Khawatir dengan Performa Persib Bandung Selama Liga 1 Dihentikan

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x