Mensos: BLT BBM Rp600 Ribu Sudah Siap Dibagikan ke 18,4 Juta Penerima dalam 2 Tahap, Kapan Cair?

- 3 September 2022, 19:07 WIB
Sebentar lagi cair, Mensos sebut BLT BBM Rp600 Ribu Sudah Siap Dibagikan ke 18,4 Juta Penerima dalam 2 Tahap.
Sebentar lagi cair, Mensos sebut BLT BBM Rp600 Ribu Sudah Siap Dibagikan ke 18,4 Juta Penerima dalam 2 Tahap. /Pixabay EmAji

PRFMNEWS – Kementerian Sosial (Kemensos) mulai menyalurkan bantuan sosial (bansos) tambahan berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM sebagai salah satu bentuk pengalihan subsidi BBM.

BLT BBM ini akan disalurkan Kemensos untuk keluarga penerima manfaat (KPM) usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menetapkan kenaikan harga BBM subsidi dan non subsidi pada Sabtu, 3 September 2022.

Lantas, kapan BLT BBM Rp600 ribu ini cair dan dibagikan, serta berapa banyak target keluarga penerima manfaat yang akan mendapatkan bansos tambahan ini?

Baca Juga: Berikut Manfaat Bawang Putih Bagi Penderita Diabetes, Diungkap Dokter Cahyo

Terkait jadwal penyaluran BLT BBM Rp600 ini, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyebut, akan dibagikan kepada setiap KPM dalam dua tahap, yakni pada September dan Desember 2022.

“Kita berikan dalam dua tahap. Jadi per tahapnya Rp300 ribu. Kita berikan per September ini dan nanti pada awal Desember kita berikan (tahap) yang kedua,” tuturnya.

Lebih lanjut, Risma menyebut, total KPM yang terdata di DTKS dan berhak mendapatkan BLT BBM Rp600 ribu per KPM ini sebanyak 20,65 juta.

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Batuk Lama pada Pasien yang Menderita Diabetes

Dari total tersebut, Risma memastikan, pihaknya sudah siap menyalurkannya kepada 18 juta KPM melalui bantuan PT Pos Indonesia. Sementara sisanya menunggu proses pemutakhiran DTKS.

“Seperti kita ketahui misalkan kita umumkan [DTKS] hari ini, jam ini, satu jam atau berapa menit kemudian ada yang meninggal jadi kita perlu cleansing. Masih ada 313.244 KPM di PT Pos yang sedang kita cleansing bersama,” terangnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x