Harga Pertalite dan Solar Naik, Jokowi Kasih Rp150 Ribu per Bulan untuk BLT BBM

- 3 September 2022, 16:50 WIB
Ilustrasi Pertamina dan BBM - Kena Prank Lagi! Pemerintah Umumkan BBM Resmi Naik, Berlaku Mulai Hari Ini 3 September Pukul 14.30
Ilustrasi Pertamina dan BBM - Kena Prank Lagi! Pemerintah Umumkan BBM Resmi Naik, Berlaku Mulai Hari Ini 3 September Pukul 14.30 /PERTAMINA


PRFMNEWS - Pemerintah resmi menaikkan harga BBM Pertalite, Solar dan Pertamax per hari ini Sabtu 3 September 2022 sejak pukul 14.30 WIB.

Presiden Joko Widodo mengatakan, untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu, pemerintah akan memberikan BLT BBM dengan besaran Rp150 ribu per bulan.

BLT BBM Rp150 ribu itu akan dibayarkan mulai September ini selama empat bulan kepada 20,65 juta keluarga kurang mampu.

Baca Juga: RESMI Harga BBM Naik Berlaku Mulai Hari Ini, Berikut Daftar Harga BBM Terbaru di Jawa Barat

"BLT BBM sebesar 12,4 T yang diberikan kepada 20,65 juta keluarga kurang mampu sebesar Rp150 ribu per bulan dan mulai diberikan pada September selama 4 bulan," kata Jokowi dalam konferensi pers virtual.

Jokowi menyebut, langkah ini diambil dalam rangka pengalihan subsidi BBM agar pemberian bantuan bisa lebih tepat sasaran.

Pasalnya selama ini lebih dari 70 persen pasokan BBM subsidi justri dinikmati oleh kelompok masyarakat yang mampu yakni para pemilik mobil pribadi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tinjau Langsung Penyaluran BLT BBM di Bandar Lampung

"Mestinya uang negara itu diprioritaskan kepada masyarakat kurang mampu dan saat ini pemerintah harus membuat keputusan dalam situasi yang sulit, ini adalah pilihan terakhir pemerintah," ucap Jokowi.

Selain BLT BBM, pemerintah juga telah menyediakan anggaran Rp9,6 triliun bagi 16 juta pekerja dengan memberikan bantuan subsidi upah sebesar Rp600 ribu. Kriteria pekerja penerima bantuan adalah mereka yang bergaji maksimal Rp3,5 juta per bulan.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x