Mensos Jamin BLT BBM Rp600 Ribu Tepat Sasaran, Dibagikan 2 Kali Lewat Kantor Pos hingga Diantar ke Rumah

- 3 September 2022, 18:43 WIB
Mensos jamin BLT BBM Rp600 ribu tepat sasaran.
Mensos jamin BLT BBM Rp600 ribu tepat sasaran. /Dok. Pertamina dan Freepik

PRFMNEWS – Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) sudah mulai menyalurkan bantuan sosial (bansos) tambahan berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM sebagai salah satu bentuk pengalihan subsidi BBM.

BLT BBM ini akan disalurkan Kemensos untuk keluarga penerima manfaat (KPM) usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menetapkan kenaikan harga BBM subsidi dan non subsidi pada Sabtu, 3 September 2022.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menegaskan, BLT BBM senilai Rp600 ribu per kepala keluarga ini akan dibagikan secara tetap sasaran kepada mereka yang memang layak mendapatkannya.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Diabetes Mengkonsumsi Mie Instan? Berikut penjelasan Dokter Cahyo Purnomo

Mensos Risma menjamin BLT BBM Rp600 ribu ini tepat sasaran karena pihaknya akan terus memperbaharui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang memang berhak mendapat bansos dari pemerintah.

“Jadi di UU itu sebetulnya satu tahun dua kali, tapi karena kondisi perubahan di daerah itu cukup pesat maka kemudian kita melakukan perubahan [DTKS] setiap bulan. Jadi setiap bulan, saya membuat SK baru,” ujar Risma dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 3 September 2022.

Risma menyebut, pembaharuan DTKS dilakukan berdasarkan masukan dari pemerintah daerah. Selain itu, masyarakat juga dapat memberikan masukan melalui menu Usul dan Sanggah pada aplikasi Cek Bansos atau menghubungi command center Kemensos 021-171.

Baca Juga: Terungkap Penyebab Kecelakaan Bus Bandros Tabrak Pohon di Bandung, Ada Penumpang Luka

“Itu masukan dari daerah dan Usul-Sanggah. Jadi masyarakat bisa mengusulkan sendiri. Nanti kita memang harus kita verifikasi, karena kalau tidak kita verifikasi nanti tidak sesuai juga,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x