Presiden Joko Widodo Kenakan Pakaian Adat Dolomani dari Provinsi Sulawesi Tenggara untuk Upacara HUT ke-77 RI

- 17 Agustus 2022, 13:30 WIB
Presiden Jokowi tampil dalam Perayaan HUT RI mengenakan pakaian adat Dolomani asal Buton Sulawesi Tenggara
Presiden Jokowi tampil dalam Perayaan HUT RI mengenakan pakaian adat Dolomani asal Buton Sulawesi Tenggara /Instagram/@jokowi/

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengenakan busana adat pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke 77 di Istana Negara, Jakarta.

Puncak peringatan HUT ke-77 RI dilaksanakan pada, Rabu, 17 Agustus 2022. Dengan meredanya covid-19, maka upacara akan dilaksanakan secara tatap muka seperti biasa dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Lalu baju adat dari daerah mana yang dikenakan Jokowi pada acara HUT ke-77 RI kali ini?

Presiden memilih baju adat asal Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Buton pada HUT ke-77 RI

“Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton,” ujar Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, beberapa waktu sebelum upacara dimulai.Seperti kita ketahui sudah beberapa tahun ini Jokowi mengenakan baju adat setiap upacara HUT Kemerdekaan RI.

Presiden Jokowi muncul ditemani Menteri Sekretariat Negara Pratikno dan sejumlah ajudan yang juga mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah.

Baju yang dikenakan Presiden Jokowi berupa jubah panjang warna merah dengan ornamen putih di sepanjang pinggiran jubah. Presiden juga mengenakan celana merah dengan ornamen putih senada.

Di dalam jubah merah panjang, Presiden Jokowi mengenakan kemeja putih gading berhias payet yang tampak harmonis dengan ornamen jubah. Tidak ketinggalan tutup kepala bundar masih dengan ornamen putih dan sarung berwarna coklat dan putih.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x