Kronologi Kecelakaan Pesawat Latih TNI AU Jatuh di Blora, Pilot Sempat Terbang 1 Jam Sebelum Hilang Kontak

- 19 Juli 2022, 11:00 WIB
Tim SAR TNI AU mengevakuasi dan mengamankan lokasi kecelakaan Pesawat T-50i Golden Eagle TT-5009 di Desa Nginggil, Kradenan, Blora, Jawa Tengah, Senin (18/7/2022). Pesawat tempur tersebut mengalami kecelakaan saat latihan terbang malam.
Tim SAR TNI AU mengevakuasi dan mengamankan lokasi kecelakaan Pesawat T-50i Golden Eagle TT-5009 di Desa Nginggil, Kradenan, Blora, Jawa Tengah, Senin (18/7/2022). Pesawat tempur tersebut mengalami kecelakaan saat latihan terbang malam. /Dispenau/ANTARA FOTO

PRFMNEWS – Kronologi kecelakaan pesawat latih T-50i Golden Eagle TT-5009 milik TNI AU yang jatuh di Desa Nginggil, Kradenan, Blora, Jawa Tengah pada Senin malam, 18 Juli 2022 terungkap.

Kronologi pesawat latih T-50i Golden Eagle TT-5009 di Blora pada Senin malam ini diungkap Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI Indan Gilang.

Indan mengatakan, Pesawat Skuadron Udara 15 Lanud Iswahjudi, Madiun yang diawaki satu penerbang atau pilot ini, dilaporkan mengalami kecelakaan saat melakukan latihan Night Tactical Intercept.

Baca Juga: Jemaah Haji Dilarang Merokok di Sekitar Masjid Nabawi dan Hotel, Jika Melanggar Segini Dendanya

Bermula saat pesawat latih dengan "tail number" TT-5009 yang diterbangkan oleh Lettu Pnb Allan Safitra Indera W take off dari Lanud Iswahjudi pukul 18.24 WIB untuk melakukan latihan terbang malam tersebut.

Selanjutnya sekira 1 jam kemudian yakni pukul 19.25 WIB, pilot masih melakukan kontak dengan "flight director", namun setelah itu posisi pesawat tidak dapat dikontak.

Tim TNI AU langsung menuju lokasi diduga jatuhnya pesawat merujuk informasi yang diperoleh dari aparat kewilayahan dan masyarakat sekitar.

Baca Juga: Jemaah Haji Dilarang Merokok di Sekitar Masjid Nabawi dan Hotel, Jika Melanggar Segini Dendanya

Dari laporan tersebut terkonfirmasi adanya serpihan logam yang diduga lokasi jatuhnya pesawat T-50i Golden Eagle itu.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah