BMKG Ungkap Penyebab Terjadinya Embun Beku di Dataran Tinggi Dieng

- 30 Juni 2022, 16:15 WIB
Fenomena embun es di Dieng
Fenomena embun es di Dieng /Istagram @ganjar_pranowo/

PRFMNEWS - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan fenomena embun upas atau embun beku yang mulai muncul di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah pada hari ini Kamis, 30 Juni 2022.

Menurut Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedie mengatakan, bahwa kondisi tersebut dipengaruhi dengan kuatnya Monsoon Australia (angin timuran) yang membawa udara kering serta berpengaruh pada pengurangan curah hujan di Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah, sehingga dalam beberapa hari kondisi cuaca di Jateng cenderung cerah hingga berawan.

"Terkait fenomena embun es, masih berkaitan dengan adanya dua pusat tekanan rendah (LPA) di belahan bumi utara (BBU), yaitu pusat tekanan rendah 04W berada di Laut China Selatan sebelah barat Filipina dan pusat tekanan rendah 98W di timur laut Filipina," katanya seperti dikutip prfmnews.id dari ANTARA

Baca Juga: Jangan Salah, ini Cara Terbaik Konsumsi Bawang Putih agar Dapat Manfaat Hindari Diabetes dan Perut Buncit

Setyoajie mengatakan, fenomena tersebut masih dimungkinkan bertahan hingga satu dasarian di bulan Juli 2022 (1-10 Juli).

Berdasarkan pengamatan berkisar minus 1 derajat Celcius pada pukul 04.00 WIB hingga 05.00 WIB.

Sementara itu, Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang Sutikno mengatakan embun upas (bun upas) menurut penduduk Dieng adalah embun racun.

Baca Juga: Isi Pertalite Harus Terdaftar di MyPertamina, Organda Jabar: Sosialisasikan dulu, Jangan Langsung Diberlakukan

"Fenomena itu terjadi ketika suhu menjadi sejuk, lantas turunlah embun-embun yang dingin lagi beku. Embun inilah yang menyelimuti tanaman kentang dan masyarakat Dieng menyebutnya dengan embun upas karena memang efeknya membuat kentang mati percuma," katanya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x