Viral Bocah 4 Tahun di Madura Kecanduan Hirup Aroma Bensin, Jika Dibiarkan Bisa Mengancam Nyawa

- 22 Juni 2022, 10:45 WIB
Ilustrasi bensin.
Ilustrasi bensin. /Pixabay

PRFMNEWS – Belum lama ini beredar viral sebuah video menampilkan bocah 4 tahun di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur kecanduan menghirup aroma bensin. Anak tersebut diketahui berinisial A.

Sosok anak 4 tahun asal Madura ini dikabarkan sudah kecanduan menghirup aroma bensin dari lubang botol sejak usia tiga tahun. Jika tak diizinkan oleh orangtuanya, bocah A ini akan menangis.

Fenomena bocah asal Madura kecanduan menghirup aroma bensin ini menarik perhatian Ira Purnamasari Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya.

Menurut Ira, kecanduan menghirup aroma bensin bisa memicu masalah kesehatan yang sangat berbahaya jika dibiarkan, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Baca Juga: Sering Sesak Nafas Walau Tidak Punya Asma? Konsumsi 2 Vitamin ini untuk Mengatasinya, kata dr. Saddam Ismail

Ira menyebut, kecanduan menghirup aroma bensin setara dengan kecanduan narkoba. Pasalnya, bensin termasuk bahan kimia bergas yang mengandung benzena, dan jika dihirup secara terus menerus akan membuat otak kecanduan (adiktif).

“Saat aroma bensin dihirup mengalir dari paru-paru menuju ke jantung yakni sistem peredaran darah lalu menuju ke otak. Secara otomatis bahan kimia beracun yang dihirup itu akan merusak paru-paru, jantung, otak, hati, dan ginjal,” jelasnya, dikutip prfmnews.id dari laman UM Surabaya pada Rabu, 22 Juni 2022.

Ira melanjutkan, dalam waktu beberapa detik saat anak menghirup bensin, ia akan mengalami fly atau euphoria, merasa santai, ringan yang disertai dengan mati rasa. Kebiasaan berbahaya ini menyebabkan aktivitas otak melambat dan menekan sistem saraf pusat.

Baca Juga: Jemaah Indonesia Ada yang Bawa Surat Tanah ke Madinah

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x