Ada 105 CPNS yang Lulus Tes Tapi Mengundurkan Diri, Paling Banyak dari Kemenhub

- 28 Mei 2022, 19:00 WIB
Ilustrasi CPNS
Ilustrasi CPNS /ANTARA/HO

PRFMNEWS - Ada 105 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus pada tes seleksi penerimaan tahun 2021.

105 CPNS yang mengundurkan diri tersebut diungkapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

BKN menyatakan dari 105 orang CPNS yang mengundurkan diri yaitu Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai instansi dengan jumlah yang mengundurkan diri paling banyak, yaitu mencapai 11 orang.

Baca Juga: Tanggung Jawab Eril sebagai Seorang Kakak, Cari Titik Aman dan Naik Paling Terakhir

Kepala Biro Hukum, Hubungan masyarakat, dan Kerja Sama BKN Satya Pratama mengatakan bahwa Instansi yang terdapat CPNS mengundurkan diri tersebut bisa mengajukan kembali formasi kosong itu pada penerimaan CPNS tahun 2022.

“Instansi harus mengajukan lagi untuk penerimaan CPNS berikutnya atau diajukan untuk diisi oleh formasi PPPK (pegawai pemerintah dan perjanjian kerja),” ujar Satya seperti dikutip prfmnews.id melalui Antara.

Berdasarkan data dari BKN, instansi pemerintah pusat, selain Kemenhub, yang terdapat CPNS mengundurkan diri ialah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (1 orang), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (1 orang), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (2 orang), Kementerian Kesehatan (2 orang), Badan Intelijen Negara (1 orang), dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (1 orang).

Dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, disebutkan bahwa pelamar yang sudah dinyatakan lulus tetapi mengundurkan diri, maka Pejabat Pembina Kepegawaian harus mengumumkan pembatalan kelulusan yang bersangkutan.

Baca Juga: Pihak Keluarga Ungkap yang Dilakukan Emmeril Kahn Mumtadz Sebelum Berenang di Sungai Aare Swiss

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x