BKN Beberkan Alasan Kenapa Beberapa Instansi Syaratkan Postur Tubuh dalam CPNS

- 4 Februari 2022, 13:13 WIB
Ilustrasi CPNS.
Ilustrasi CPNS. /Dok PRFMNEWS.

PRFMNEWS - Beberapa waktu lalu viral sebuah pengakuan peserta CPNS yang mengaku dinyatakan tidak lolos karena memiliki ukuran payudara yang tidak sesuai dengan aturan instansi yang dituju.

Kabiro Hukum Humas dan Kerjasama BKN Satya Pratama membenarkan memang ada beberapa lembaga dan kementerian yang memang mensyaratkan postur dan bentuk tubuh.

"Ada beberapa instansi yang mensyaratkan kebugaran jasmani sebagai poin penting dalam seleksi CPNS. Contohnya antara lain Kemhan, Kumham, dan Bakamla, ke-3 inatansi tersebut mensyaratkan kebugaran jasmani, termasuk postur tubuh," kata Satya saat dikonfirmasi prfmnews.id Kamis kemarin.

Baca Juga: Viral Pengakuan Peserta Tak Lolos CPNS Karena Ukuran Payudara, BKN Berikan Penjelasan Begini

Dia menerangkan, kondisi fisik menjadi perhatian lembaga dan kementerian tersebut dikarenakan akan ada pelatihan dasar yang sangat membutuhkan kebugaran.

"Hal ini dikarenakan, nantinya instansi-instansi akan melaksanakan pelatihan dasar yang membutuhkan kebugaran jasmani, termasuk postur tubuh yang mendukung," paparnya.

Dia mencontohkan program pelatihan yang mensyaratkan kondisi fisik dan postur tubuh.

Baca Juga: MUI Paparkan Fatwa Salat Jumat Boleh Diganti dengan Salat Zuhur Masih Relevan dalam Kondisi Begini

"Di Kemhan ada pelatihan dasar dan program bela negara, di Kumham untuk Petugas pemasyarakatan ada pelatihan kesamaptaan, di Bakamla ada pelatihan dasar militer yang dilaksanakan bekerja sama dengan TNI AL," terangnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x