Penjelasan BMKG Soal Gempa Magnitudo 5.5 yang Guncang Jabar dan Jakarta

- 16 Maret 2022, 13:00 WIB
Guncangan kuat dirasakan beberapa daerah di Jawa Barat, Jakarta hingga Banten akibat gempa bumi M5.5 yang berpusat di Tenggara Kota Sukabumi, pada Rabu, 16 Maret 2022.
Guncangan kuat dirasakan beberapa daerah di Jawa Barat, Jakarta hingga Banten akibat gempa bumi M5.5 yang berpusat di Tenggara Kota Sukabumi, pada Rabu, 16 Maret 2022. /BMKG

PRFMNEWS - Gempa dengan kekuatan Magnitudo 5.5 mengguncang beberapa daerah di Jawa Barat dan Jakarta pada hari ini Rabu, 16 Maret 2022.

Gempa tersebut dalam keterangan BMKG disebutkan berpusat pada koordinat 7,94° LS ; 106,94° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 45 Km arah Selatan Agrabinta, Cianjur, Jawa Barat pada kedalaman 64 km.

Dalam keterangan tersebut BMKG menjelaskan jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi pada pukul 10.00 WIB itu merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5.5 Berpusat di Sukabumi Hari ini Terasa di Jakarta Hingga Bandung

Baca Juga: Mengenakan Pakaian Oranye Doni Salmanan Diperkenalkan Sebagai Tahanan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BMKG (@infobmkg)

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

BMKG melaporkan, gempa yang terjadi tadi pagi berdampak dan dirasakan di daerah Pelabuhan Ratu, Cianjur, Garut, Pandeglang, Bayah, Panimbang, Lebak Selatan, Cilegon, Sukabumi, Jakarta, Banjar, Bandung Barat, Purwakarta, Tangerang Selatan, Bandung, Bekasi, Depok dan Serang.

Baca Juga: Ukraina Terus Digempur, Zelensky Sebut Tak Akan Gabung dengan NATO

Baca Juga: Gempa Bumi Terasa di Kota Bandung Hari ini, Magnitudo 5,5 Tak Berpotensi Tsunami

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x