Senin Esok, Program Tayang 'Belajar dari Rumah' Hadir di Televisi

- 10 April 2020, 08:00 WIB
SEORANG tutor merekam materi pembelajaran media daring dari aplikasi yang bergerak di bidang edukasi.*
SEORANG tutor merekam materi pembelajaran media daring dari aplikasi yang bergerak di bidang edukasi.* /ARIF FIRMANSYAH

BANDUNG, (PRFM) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana menayangkan program bertajuk Belajar dari Rumah di televisi mulai Senin (13/10/2020) mendatang. Rencananya Televisi Republik Indonesia (TVRI) yang akan menayangkan program tersebut.

Mendikbud RI, Nadiem Makarim berharap, program Belajar dari Rumah ini dapat memperluas akses layanan pendidikan bagi masyarakat di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) yang memiliki keterbatasan akses internet maupun keterbatasan ekonomi. Pasalnya TVRI merupakan saluran gratis yang bisa dinikmati masyarakat di berbagai daerah dan bisa dimanfaatkan oleh siswa, guru, dan orang tua untuk membantu pembelajaran dari rumah selama pandemi Covid-19.

"Kemendikbud ingin memastikan bahwa dalam masa yang sangat sulit ini ada berbagai macam cara untuk mendapatkan pembelajaran dari rumah, salah satunya melalui media televisi. Karena itu kami meluncurkan program Belajar dari Rumah," ujar Mendikbud dalam siaran pers yang diterima PRFM, Jumat (10/4/2020).

Baca Juga: Cuti Bersama Tahun 2020 Direvisi, Libur Akhir Tahun Jadi Makin Panjang

Ia menambahkan program tayangan ini disebut menjadi salah satu alternatif pembelajaran bagi siswa, guru, maupun orang tua, selama masa belajar di rumah di tengah wabah Covid-19. Program Belajar dari Rumah ini akan diisi dengan berbagai tayangan edukasi, seperti pembelajaran untuk jenjang PAUD hingga pendidikan menengah, tayangan bimbingan untuk orang tua dan guru, serta program kebudayaan di akhir pekan, yakni setiap Sabtu dan Minggu. Untuk sementara, program ini direncanakan akan berjalan selama tiga bulan hingga Juli 2020.

Menurutnya, konten pembelajaran dalam program Belajar dari Rumah akan fokus pada literasi, numerasi dan penumbuhan budi pekerti atau pendidikan karakter. Kemendikbud juga akan melakukan monitoring dan evaluasi bersama lembaga pemerintah yang independen untuk mengkaji kualitas program Belajar dari Rumah, seperti mengukur apakah manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Jam Tayang Program Tayang Belajar dari Rumah

Sementara itu, Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid menjelaskan lebih detail mengenai program Belajar dari Rumah di TVRI. Ia mengatakan, jadwal di hari Senin hingga Jumat digunakan untuk pembelajaran dengan total durasi tiga jam per hari untuk semua tayangan.

Baca Juga: Penerapan PSBB, PT KAI Sesuaikan Jadwal KA Dari dan Menuju DKI Jakarta

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x