Kemendagri Luncurkan Chatbot Gisa Adminduk

- 30 Maret 2020, 05:44 WIB
Sumber Kemendagri
Sumber Kemendagri /

BANDUNG,(PRFM) - Di tengah pandemi corona, semua layanan diharapkan bisa dilakukan secara daring atau online. Hal ini diminta untuk membatasi kontak guna mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

Meski begitu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mendorong pelayanan publik tetap berlangsung dengan baik meski dalam layanan online.

Mendagri meluncurkan pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang berupa Chatbot bernama Gisa untuk layanan Adminduk yang akan membantu mewujudkan layanan online dan physical distancing. GISA diambil dari program Dukcapil yaitu Gerakan Indonesia Sadar Adminduk.

Baca Juga: Lion Air Group Pastikan Jika Pesawat yang Kecelakaan di Manila Bukan Miliknya

Pada masa seperti ini, kata Tito, masyarakat membutuhkan informasi yang cepat dan akurat. Melalui pencarian di web, informasi sering kali tidak akurat, karena belum tentu sumbernya resmi dan bisa saja sudah kadaluarsa karena ada perubahan aturan.

"Dengan Chatbot Gisa, masyarakat bisa bertanya layaknya percakapan dengan seorang petugas. Gisa akan selalu memberi informasi akurat yang bersumber dari Dukcapil,” kata Mendagri Tito Karnavian dikutip dari laman resmi Kemendagri.

Secara teknis, Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh menjelaskan bahwa Chatbot Gisa adalah hasil kerja sama antara Ditjen Dukcapil dengan KORPRI, Gisa ada di aplikasi android AKUI. Aplikasi ini sangat mudah diakses dan bisa diunduh secara gratis melalui Google Playstore dengan kata kunci AKUI.

Dengan memanfaatkan Chatbot Gisa, Dukcapil dapat terus melayani masyarakat dan tetap menerapkan standar informasi. Informasi terkait pelayanan di Kantor Layanan Dukcapil, seperti prosedur pembuatan KTP dan KK, syarat-syarat pencatatan pernikahan, akta kelahiran, informasi biaya, dan sebagainya, dapat diperoleh dari Gisa secara cepat dan akurat.

Baca Juga: Dhika Doakan Kesembuhan Wander Luiz

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x