Komentari yang Jual Selfie KTP di NFT Opensea, Pakar Siber: Saya Malu, Dia Nggak Ngerti Konsepnya

- 16 Januari 2022, 15:10 WIB
Akun bernama “Indonesia-ktp” menjual foto selfie memegang KTP di situs jual beli NFT OpenSea seharga 0,234 Ethereum atau sekitar Rp 11 juta
Akun bernama “Indonesia-ktp” menjual foto selfie memegang KTP di situs jual beli NFT OpenSea seharga 0,234 Ethereum atau sekitar Rp 11 juta /Tangkapan Layar /Tangkapan Layar Opensea.io


PRFMNEWS - Fenomena NFT alias Non Fungible Token membuat platform Opensea ramai oleh orang-orang yang ingin jual NFT dengan harapan meraup untung besar.

Viralnya Ghozali Everyday yang berhasil menjual NFT foto selfienya hingga untung miliaran rupiah nampaknya menarik minat sejumlah masyarakat Indonesia yang ingin kecipratan untung.

Sayangnya, karena belum banyak yang mengerti konsep NFT, jadinya malah mencoreng konsep aset digital dari sebuah NFT.

Baca Juga: Ramai Jual Beli di NFT, Kominfo Bakal Pantau Konten yang Langgar Data Pribadi

Ada yang ikut-ikutan jual foto selfie, foto makanan, furniture, bahkan hingga foto selfie dengan KTP yang diunggah ke Opensea.

Melihat ini, Pakar Keamanan Siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya menyebut, orang-orang seperti itu latah ingin terjun ke bisnis digital tanpa memahami konsep NFT.

"Ini menunjukkan orang yang jual tidak mengerti konsep NFT, mereka masih mengira bisa menjual aset digital, data digital, tapi malah itu kegiatan melanggar hukum, dan kalau di Opensea atau marketplace NFT itu jadi bahan tertawaan," kata Alfons kepada PRFM, Minggu 16 Januari 2022.

Baca Juga: Dilirik Kominfo, Indonesia Berniat Ciptakan Metaverse Versi Lokal

Bahkan ia juga merasa malu dengan tingkah laku mereka yang menjual barang-barang digital tapi tidak mengerti apa nilai jual dari barang tersebut.

"Saya malu sebagai orang Indonesia, kita wajib edukasi. Yang dijual di aset digital itu yang ada nilai seni, ada nilai tertentu. Nggak bisa jual makanan, jual foto selfie (biasa), memang bukan itu dagangan di Opensea," ucapnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x