Safari Suci Sebut Tidak Ada Jamaah Umroh yang Dipulangkan Terkait Virus Corona

- 27 Februari 2020, 16:12 WIB
Suasana di Masjidilharam, Arab Saudi.*
Suasana di Masjidilharam, Arab Saudi.* /dok.PRFM

BANDUNG, (PRFM) - Kabar penghentian sementara penerbangan jamaah umroh dari Indonesia oleh pemerintah Arab Saudi sampai ke telinga jamaah umroh yang saat ini tengah berada di tanah suci. Penghentian ini dilakukan pemerintah Arab Saudi sebagai salah satu upaya pencegahan virus corona (Covid-19).

Pembimbing Safari Suci Tour and Travel Arief Chandra mengatakan, pihaknya menerima informasi tersebut dari Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi.

"Kita dengar kabar ini (penghentian sementara kedatangan jamaah umroh), dari Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi," kata Arif saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Kamis (27/2/2020).

Baca Juga: Pemerintah Arab Saudi Hentikan Sementara Kedatangan Jamaah Umroh, Amphuri Pastikan Ada Reschedule Pemberangkatan

Ia mengatakan, duta besar Indonesia untuk Arab Saudi tengah melobi pemerintah Saudi untuk mengurungkan kebijakan tersebut. Duta besar memastikan kepada pemerintah Arab Saudi bahwasanya Indonesia tidak masuk dalam kategori suspect virus corona.

Arif menceritakan suasana di Arab Saudi saat ini. Menurutnya, banyak rombongan umroh dari Indonesia yang masih melakukan ibadah umroh. Bahkan, banyak rombongan yang baru datang di tanah suci.

"Kita sesama travel konfirmasi berita ini (penghentian sementara kedatangan jamaah umroh) dari portal online, alhamdulilah kondisi disini biasa saja," katanya.

Baca Juga: Tim Observasi ABK Diamond Princess Diberangkatkan ke Pulau Sebaru

Selain itu ia juga memastikan, bahwa tidak ada jamaah umroh yang dipulang ke tanah air yang sebelumnya informasi tersebut beredar di media sosial.

"Banyak hoaks jamaah umroh dipulangkan dari Mekkah, itu tidak benar," kata dia.

Sementara mengenai pemerikasaan suhu badan di bandara Arab Saudi, lanjut dia, hal itu memang dilakukan dari dulu. Jadi, pemeriksaan kesehatan di bandara tidak terkait virus corona.

"Pemeriksaan suhu badan di bandara itu sudah ada dari dulu, sebelum ramai isu corona. Begitupun pembagian masker gratis, yang dari dulu sudah ada," tandasnya.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x