Penjelasan Kemenkes Soal Asal Muasal Petugas Kebersihan RS Wisma Atlet Positif Covid-19 Omicron

- 17 Desember 2021, 13:20 WIB
Ilustrasi covid-19 omicron
Ilustrasi covid-19 omicron /Reuters

PRFMNEWS - Seorang petugas kebersihan di RSD Wisma Atlet Jakarta dinyatakan positif covid-19 varian omicron.

Ditemukannya pasien positif covid-19 omicron ini berdasarkan hasil pemeriksaan whole genome sequencing terhadap sampel milik petugas kebersihan tersebut.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, petugas kebersihan itu tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri, sehingga proses tracing atau penelusuran kontak langsung dilakukan.

Baca Juga: Covid-19 Omicron Ditemukan di Indonesia

"Sudah disampaikan juga oleh Pak Menteri bahwa tidak ada riwayat perjalanan ke luar negeri petugas kebersihan ini. Langkah selanjutnya kami melakukan tracing dengan siapa saja yang bersangkutan pernah kontak," kata Nadia saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel hari ini Jumat, 17 Desember 2021.

Nadia menyebutkan, Kemenkes langsung melakukan tracing untuk mengetahui asal muasal petugas kebersihan itu terpapar covid-19.

"Ini yang sebenarnya masih coba kita cari karena kasus seperti ini juga terjadi di Singapura dan di Amerika bahkan di Spanyol dan Perancis pada orang yang memang tidak ada riwayat perjalanan luar negeri, malah tidak pernah kontak dengan pelaku perjalanan luar negeri dia positif omicron," jelansya.

Baca Juga: Profil Paulo Josue yang Disebut-sebut Akan Jadi Rekrutan Anyar Persib Bandung

Baca Juga: Gunung Semeru Naik Level Jadi Siaga atau Level 3

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x