Relawan Ketemu Mbah Katemi, Sosok Warga Terakhir di Sumbersari yang Enggan Dievakuasi dari Amukan Semeru

- 7 Desember 2021, 08:00 WIB
Mbah Katemi, warga terakhir di Sumbersari yang enggan dievakuasi pasca erupsi Gunung Semeru
Mbah Katemi, warga terakhir di Sumbersari yang enggan dievakuasi pasca erupsi Gunung Semeru /YouTube Cak Basman Official

PRFMNEWS - Erupsi Gunung Semeru meninggalkan banyak cerita penuh pilu dari para relawan maupun korban terdampak saat proses evakuasi.

Kisah relawan mengevakuasi warga di daerah terdampak erupsi di Sumbersari, Sapiturang Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur terekam dalam video di kanal YouTube cak basman official yang diunggah pada 6 Desember 2021.

Dalam video itu, sejumlah relawan yang tidak diketahui identitasnya bertemu Mbah Katemi. Disebutkan bahwa Mbah Katemi merupakan sosok warga terakhir di Dusun Sumbersari yang dievakuasi.

Baca Juga: Usai Cekcok dan Dorong Penumpang Hingga Jatuh ke Bawah Bus, Sopir Taksi Ini Tancap Gas Tinggalkan Korban

Awalnya, video itu memperlihatkan kondisi rumah-rumah warga di Dusun Sumbersari yang sempat ‘terkubur’ abu vulkanik tebal. Area perkebunan pun tampak luluh lantak diterjang amukan Semeru pada Sabtu, 4 Desember 2021.

Pemukiman warga di sana sudah sepi, ditinggalkan para penghuninya. Namun, saat penelusuran, relawan menemukan seorang warga lanjut usia. Ia adalah Mbah Katemi yang tinggal seorang diri di rumahnya.

Saat ditemukan relawan, Mbah Katemi sedang duduk di teras rumah yang penuh abu vulkanik. Tampak sejumlah bungkusan kain diduga berisi pakaian di sampingnya.

“Mbok (mbah) kok masih di sini, nggak ngungsi itu di sana rumah bagus,” tanya seorang relawan.

“Enggak, enggak mau aku, tetap di sini aku” jawab Mbah Katemi.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x