7 Kisah Mistis Gunung Semeru: Sosok Dewi Penjaga Ranu Kumbolo hingga 2 Patung Arcopodo yang Berubah Ukuran

- 6 Desember 2021, 17:50 WIB
Berikut ini update situasi terkini dari BNPB terkait erupsi Gunung Semeru yang melanda Kabupaten Lumajang.
Berikut ini update situasi terkini dari BNPB terkait erupsi Gunung Semeru yang melanda Kabupaten Lumajang. /ANTARA FOTO/Umarul Faruq.

PRFMNEWS - Keberadaan Gunung Semeru di wilayah Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur tak lepas dari deretan kisah mistis yang lekat dengan mitos rakyat Jawa.

Hingga kini, kisah mistis dan mitos tersebut masih dipercaya oleh warga setempat dan menurut cerita juga pernah dialami oleh para pendaki.

Berikut 7 kisah mistis dan mitos yang melegenda di balik megahnya Gunung Semeru, prfmnews.id lansir dari video YouTube di kanal Uncle Joel yang diunggah pada 5 Desember 2021:

Baca Juga: Jelang Akhir Tahun, Sekda Klaim Vaksinasi Kota Bandung Sudah 99 Persen

1. Sosok Dewi Penjaga Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo merupakan danau yang terletak di Gunung Semeru tepatnya pada ketinggian ketinggian 2.389 mdpl. Di balik keindahannya, Ranu Kumbolo menyimpan kisah mistis sosok Dewi Penjaga area tersebut.

Menurut kepercayaan warga setempat, Dewi Penjaga ini merupakan jelmaan dari ikan mas besar yang hidup di Ranu Kumbolo. Bahkan para pendaki dilarang memancing atau menangkap ikan mas tersebut.

Sosok wanita yang dipercaya sebagai Dewi Penjaga ini kerap muncul memakai kebaya kuning. Kemunculannya ditandai dengan adanya kepulan asap saat bulan purnama datang.

2. Misteri Kawasan Kelik yang Penuh Nisan

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x