Kementerian Pertahanan Indonesia Pajang Foto Jet Tempur Rafale, Gegara Sempat 'Diejek' Beli F-16 Bekas

- 20 November 2021, 15:38 WIB
Jet Tempur Dassault Rafale Perancis
Jet Tempur Dassault Rafale Perancis / aerotime.aero

PRFMNEWS - Pemerintah Indonesia saat ini kerap dikaitkan dengan pembelian Dassault Rafale atau pesawat jet tempur Rafale.

Menurut sejumlah sumber dari luar negeri, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan Indonesia kini mengincar sebanya 36 unit pesawat jet tempur Rafale dari Prancis.

Rencana Kementerian Pertahanan Indonesia untuk beli puluhan pesawat jet tempur Rafale dari Prancis mendapatkan apresiasi dari publik di Tanah Air.

Sebab sudah cukup lama Indonesia tak mempunyai pesawat tempur jenis Heavy Fighter. Sebelumnya pesawat tempur Su-27/30 datang secara lengkap pada 2012 silam.

Baca Juga: BPBD: Jalan Kawah Darajat Garut Masih Rawan Longsor Susulan

Setelah 2012, Kementerian Pertahanan Indonesia hanya mendatangkan jet tempur bekas pakai seperti F-16 dari Negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Pada 2012 silam, Kementerian Pertahanan Indonesia hanya mendatangkan 24 unit pesawat jet tempur F-16 dari Amerika Serikat.

Sebagai informasi tambaha, pesawat jet tempur F-16 bekas pakai ini dulunya pernah digunakan angkatan pertahanak Amerika Serikat, Air National Guard AS.

Sebanyak 24 unit pesawat jet tempur F-16 itu sudah mengalami upgrade skala besar. Setelah didiamkan sangat lama di AMARC alias 309th Aerospace Maintenance and Regeneration Group di Arizona, Amerika Serikat.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Zona Jakarta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah