Layanan Digital BPJS Kesehatan Menjadi Solusi Ampuh di Masa Pandemi

- 11 Agustus 2021, 17:07 WIB
Layanan digital kesehatan solusi ampuh di masa pandemi
Layanan digital kesehatan solusi ampuh di masa pandemi /Dok PRFMNEWS.

PRFMNEWS - Dengan adanya Pandemi Covid-19 telah membuat pola hidup masyarakat menjadi berubah, termasuk segala kebiasaan dalam kehidupan keseharian seperti kebiasaan di tempat kerja, makan di restoran, masuk ke mall, olahraga dan lain-lain.

Hal ini juga yang membuat BPJS Kesehatan mencoba untuk mencari solusi dan berinovasi untuk memberikan layanan yang bisa masyarakat menjadi mudah pada saat pandemi, diantaranya dengan memberikan layanan kepesertaan digital atau non tatap muka yang bisa di akses oleh peserta JKN-KIS seperti Mobile JKN, Care Center 1500 400, CHIKA, VIKA dan Pandawa.

Menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandung dr. Muhammad Fakhriza, Mobile JKN merupakan salah satu aplikasi yang diciptakan oleh BPJS kesehatan, untuk memberikan kemudahan kepada peserta JKN-KIS untuk mengecek data peserta, ketersediaan tempat tidur, premi, pendaftaran pelayanan, konsultasi dokter, ubah data peserta, jadwal tindakan operasi dan sebagainya.

Baca Juga: Spoiler One Piece 1022: Kolaborasi Duo Terkuat SHP VS Komandan Beast Pirates

“Mobile JKN itu satu aplikasi yang diciptakan oleh BPJS kesehatan untuk memberikan kemudahan kepada peserta dalam hal mendapatkan informasi mengenai BPJS Kesehatan. Dan di versi 3 poin 3, Mobile JKN terus mengalami update untuk mengakomodir apa yang menjadi kebutuhan peserta, seperti misalnya kalau kemarin hanya ada jumlah tagihan, sekarang ada history riwayat pembayaran iuran, riwayat pembayaran denda dan fitur lainnya seperti fitur skrining kesehatan,” ujar Fakhriza saat talkshow di Radio PRFM 107.5 News Channel.

Fakhriza menambahkan, di masa pandemi ini kantor BPJS Kesehatan akan mengurangi pelayanan tatap muka, kalau sebelum pandemi kunjungan di kantor cabang itu sampai 1.000 orang, kalau sekarang ini sudah sangat berkurang karena kita sudah mengarahkan peserta untuk melakukan pendaftaran melalui Pandawa ataupun mobile JKN. Sehingga pendaftaran melalui Mobile JKN semakin bertambah.

Bagi peserta JKN-KIS yang ingin menggunakan Mobile JKN-KIS, peserta JKN-KIS bisa mengunduh melalui playstore smartphone atau Apple store di IOS.

“Untuk peserta yang belum pernah terdaftar sebagai JKN atau peserta di BPJS Kesehatan, anda bisa pilih daftar tidak harus datang ke kantor, namun kalau sudah terdaftar bisa memilih pilihannya registrasi, selanjutnya diminta data seperti NIK dsb. Masyarakat tidak perlu khawatir karena tidak ada perbedaan antara aplikasi Mobile JKN-KIS di smartphone atau Apple,” Tambah Fakhriza.

Baca Juga: Kota Bandung Kembali Ke Zona Oranye Setelah Hampir Dua Bulan di Zona Merah

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah