Jika Akan Berlakukan Lockdown, Pemerintah Harus Buat Roadmap yang Jelas

- 28 Juni 2021, 11:39 WIB
Ilustrasi lockdown
Ilustrasi lockdown /prfmnews.id

PRFMNEWS - Saat ini Indonesia memasuki masa genting seiring dengan peningkatan kasus covid-19.

Karena kondisi ini, banyak pihak yang ingin pemerintah memberlakukan lockdown untuk menangani pandemi covid-19 dan juga untuk mengurangi dampak buruk terhadap ekonomi Indonesia.

Pakar Ekonomi Universitas Pasundan (Unpas) Acuviarta Kartabi menjelaskan, jika pemerintah akan memberlakukan lockdown maka pemerintah harus membuat roadmap atau peta jalan yang jelas.

Baca Juga: BCL Sudah Negatif Covid-19 Tapi Indera Perasa dan Penciumannya Belum Pulih, Noah Cicipi Masakan Ibunya

"Pertama kita harus mengevaluasi kebijakan nanggung yang sebelumnya tanpa ada roadmap yang jelas itu menyebabkan akhirnya tidak kemana-mana. Oleh karena itu kalau kebijakan lockdown itu harus ditempuh, maka roadmap-nya harus jelas," kata Acu saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel hari ini, Senin 28 Juni 2021.

Menurut Acu, lockdown yang akan diberlakukan pemerintah harus memiliki perencanaan yang jelas dengan tujuan menekan angka kasus covid-19.

"Jangan sampai kita berhenti di kata lockdown, menghentikan aktivitas ekonomi, rem mendadak tetapi tidak diikuti dengan aktivitas atau kegiatan yang secara masif memanfaatkan momen lockdown itu betul-betul sekali memutus mata rantai covid-19," katanya.

Baca Juga: Jokowi: Pemerintah Mengerahkan Segala Upaya untuk Mendatangkan Vaksin

Kata Acu, dengan peningkatan kasus covid-19 seperti saat ini sulit merealisasikan pemulihan ekonomi yang diharapkan pemerintah.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x