Sebut Kondisi Covid-19 Saat Ini yang Terparah, Prof Beri: Sekarang Benar-benar Gawat!

- 22 Juni 2021, 15:44 WIB
Zubairi Djoerban.
Zubairi Djoerban. /Instagram/@profesorzubairi


PRFMNEWS - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof. Zubairi Djoerban menyebut, kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia yang sedang dihadapi saat ini adalah kondisi terparah jika dibandingkan tahun lalu.

Sebab menurutnya, saat ini masalahnya bukan hanya karena dampak mudik dan libur Lebaran, tapi juga menyebarluasnya virus Corona varian India B1617 atau varian Delta yang lebih cepat menular.

"Sekarang benar-benar gawat, jauh lebih parah dari tahun lalu karena selain masalah mudik ternyata masalah virus varian Delta ini menularnya luar biasa," ucap Prof Beri sapaan akrabnya saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Selasa 22 Juni 2021.

Baca Juga: Rasakan Gejala Covid-19? Segera Hubungi Hotline Penanganan Covid-19 Puskesmas Kota Bandung

Prof Beri mengungkapkan, dengan mewabahnya varian Delta di Indonesia berdampak pula terhadap banyaknya kemunculan klaster-klaster keluarga.

Pasalnya sebelum adanya varian Delta, jika ada satu anggota keluarga yang terpapar, pada umumnya tidak menular ke semua anggota, sedangkaan saat ini hampir semuanya kena.

"Jadi klaster keluarga sekarang meningkat sangat, saat ini kita sedang menghadapi masalah yang lebih serius, lebih gawat, lebih darurat," tuturnya.

Baca Juga: Ketahuan Pergi ke Yogyakarta saat Covid Melonjak, Camat Rancasari Minta Maaf dan Berjanji Tak Ulangi Kesalahan

Baca Juga: Dewan IAKMI: Kebijakan 'Gas dan Rem' Penanggulangan Penyebaran Covid-19 Tak Pulihkan Pandemi di Indonesia

Sudah sejak beberapa waktu terakhir ini terjadi peningkatan kasus yang cukup tajam, bahkan diakuinya kini rata-rata positivity rate di Indonesia sudah 40 persen.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x