Waspada ! Epidemiolog Ingatkan Soal Potensi Lonjakan Kasus Covid-19 Pasca Libur Lebaran

- 16 Mei 2021, 07:46 WIB
Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. /PIXABAY/Thor Deichmann

PRFMNEWS - Ahli Epidemilog UI, Pandu Riono mengingatkan seluruh pihak untuk waspada terkait potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca libur lebaran tahun ini.

Pasalnya, aktivitas masyarakat pada momen libur lebaran tahun ini tidak dibatasi seluruhnya. Seperti contoh aktivitas wisata masih dibolehkan.

"Sebetulnya yang mendorong risiko penularan itu aktivitas masif seperti bepergian atau mudik dan melakukan kegiatan lain seperti berlibur itu ada risiko penyebaran," katanya aat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Sabtu 15 Mei 2021.

Baca Juga: Tempat Wisata di Kabupaten Bandung Diserbu Wisatawan, Bupati : Kalau Sudah 50 Persen Jangan Dipaksakan Masuk !

Pandu mengaku khawatir lonjakan kasus positif Covid-19 lebih tinggi tahun ini. Sebab bisa saja diiringi dengan penularan mutasi baru Covid-19.

Baca Juga: Seluruh Tempat Wisata Kolam Renang di Pasirjambu, Ciwidey, dan Rancabali Ditutup Sementara ! Ini Alasannya

"Kondisi sekarang berbeda, karena ada mutasi virus. Beda dengan tahun lalu, karena di banyak negara adanya aktivitas penularan juga tinggi. Bisa saja ini juga terjadi di Indonesia. Semua risiko sudah kita jalani, mudah-mudahan tidak terlalu tinggi," tambahnya.

Baca Juga: Tempat Wisata di Pasirjambu, Ciwidey, dan Rancabali yang Langgar Protokol Kesehatan Ditutup Sementara

Jika pasca libur lebaran terjadi kenaikan kasus positif Covid-19, Pandu pun meminta kepada pemerintah masif melakukan 3 T (tracing testing dan treatment).

Halaman:

Editor: Asep Yusuf Anshori


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x