Takjub dan Kritis, Cara Siswa-siswi Ini Ungkap Rasa Nasionalisme Dalam Diskusi Bareng ILNAS

- 12 Maret 2021, 22:40 WIB
Sebanyak 100 pelajar dari SMPN 5 Depok mengikuti acara Roadshow to School 2021 yang digelar ILNAS pada Jumat 12 Maret 2021
Sebanyak 100 pelajar dari SMPN 5 Depok mengikuti acara Roadshow to School 2021 yang digelar ILNAS pada Jumat 12 Maret 2021 /dok ILNAS

PRFMNEWS - Beragam komentar dan pertanyaan dilontarkan siswa-siswi SMPN 5 Depok yang baru saja selesai menonton film pendek tentang Serangan Umum 1 Maret 1949.

Banyak dari mereka yang merasa takjub, merinding, hingga bertanya-tanya berbagai hal dari Indonesia. Film itu memang ditayangkan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme para peserta pelajar.

"Saya merinding melihat rakyat kompak (melawan Belanda) di film itu. Film itu membuat saya semakin ingin lebih mencintai Indonesia.  Caranya melihat sejarah para pahlawan," ungkap Ayeesha Kanzazka Meotoosu, salah seorang pelajar SMPN 5 Depok.

Baca Juga: Mendikbud Izinkan Sekolah Dibuka pada Bulan Juli, Disdik Jabar Masih Tunggu Petunjuk Teknis yang Lengkap

Baca Juga: Enam Literasi Dasar yang Harus Anda Ketahui

Begitu pula pelajar lainnya, Lulu Nur Fadhilah Mumtazah dan Muhamad Iqbal Saputra yang merasa takjub dan ingin membanggakan Negara Indonesia dengan cara berprestasi.

Itu hanyalah tiga dari puluhan komentar lain yang muncul di acara Roadshow to School 2021 yang digelar daring oleh Institut Literasi Nasionalisme (ILNAS) pada Jumat 12 Maret 2021.

ILNAS adalah komunitas yang bergerak di bidang literasi yang misinya mengajak anak-anak bangsa menggerakan literasi, terutama Literasi Nasionalisme.

Baca Juga: Sekolah di Kota Bandung KBM Tatap Muka Juli? Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Sekolah

Topik Roadshow to School kali ini membahas "Kupas tuntas nilai-nilai nasionalisme pada peristiwa serangan umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta". Acara diikuti 100 orang peserta pelajar dari SMPN 5 Depok.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x