Viral Kuda Nil di Taman Safari Makan Botol Plastik, Pakar Komunikasi Lingkungan Singgung Pendidikan Karakter

- 9 Maret 2021, 20:50 WIB
Tangkapan layar Kuda Nil yang dilempar sampah plastik
Tangkapan layar Kuda Nil yang dilempar sampah plastik /Story Akun instagram @cyntiacete/

PRFMNEWS - Viral di media sosial seekor Kuda Nil di Taman Safari sedang memakan botol plastik. Menurut informasi yang beredar, botol plastik yang sedang dimakan itu diduga berasal dari pengunjung yang sengaja melempar ke arah Kuda Nil.

Pakar Komunikasi Lingkungan Universitas Padjadjaran (Unpad) Herlina Agustin menyatakan, peristiwa Kuda Nil makan botol plastik di Taman Safari merupakan cerminan kekurangan pendidikan formal di Indonesia.

Herlina melanjutkan, hingga saat ini pendidikan formal Indonesia tidak memiliki kurikulum khusus terkait pendidikan karakter siswa terhadap satwa atau hewan.

Baca Juga: Penutupan Jalan di Kota Bandung Bakal Diperbanyak jadi 35 Titik

Baca Juga: Persipura Tolak Ikut Turnamen Piala Menpora, Ketum: Mereka Tidak Menghargai Kami

Oleh karena itu, siswa di Indonesia tumbuh dewasa dengan karakter mendominasi dan tidak mempedulikan makhluk hidup lainnya seperti satwa.

"Akhirnya manusia terlihat dominan terhadap hewan. Manusia bisa saja melihat hewan sebagai tempat sampah, akhirnya lempar sampah ke arah hewan," tutur Herlina saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Selasa 9 Maret 2021.

Menurut Herlina, merupakan ironi ketika Indonesia sebagai pemilik keragaman satwa terbanyak ketiga di dunia tapi tidak pernah menerapkan pendidikan karakter khusus terkait sikap kepada hewan.

"Ini menyedihkan. Karena Indonesia itu secara diversitas merupakan urutan ketiga paling banyak kekayaan satwa, setelah Brasil dan Chili," ucapnya.

Baca Juga: Penutupan 35 Jalan di Kota Bandung Berlaku Mulai Rabu Besok

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x